Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

Pemkot Malang Gandeng Gojek Lakukan Digitalisasi untuk Tingkatkan Perekonomian

profile
Admin

15 Januari 2021 10:38

113 dilihat
Pemkot Malang Gandeng Gojek Lakukan Digitalisasi untuk Tingkatkan Perekonomian
Kerjasama Pemkot Malang dengan Gojek (Humas Pemkot Malang / istimewa)
KOTA MALANG - Pemkot Malang bekerjasama dengan pihak swasta sebagai bagian dari implementasi smart city dan menumbuhkan ekonomi. Kerjasama dilakukan dalam hal penggunaan e-money dan pemasaran produk UMKM asal Kota Malang melalui Gojek dan Gopay. 

Adapun penandatangan naskah kesepakatan bersama dengan Gojek dan Gopay, dilakukan di ruang rapat Wali Kota Malang pada Kamis (14/1/2021). 

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, rencananya memang kerja sama pemkot dengan pemilik modal di Kota Malang, akan dijalin juga demi menunjang pertumbuhan ekonomi. 

"Saat ini orientasinya setiap kegiatan bisa masuk pada Smart City. Sehingga pemerintah harus memberikan literasi pada masyarakat. Tak hanya literasi tapi juga fasilitasi," ujar Sutiaji melalui rilis yang diterima pada Jumat (15/1/2021). 

Kolaborasi itu pun harapannya juga dapat mendorong kearifan lokal Kota Malang. Selain itu kolaborasi ini akan berdampak pada pendapatan daerah Kota Malang. Terutama bidang pariwisata, pajak dan UMKM yang akan lebih terdorong dengan kesepakatan tersebut.

"Ada korelasinya ke arah sana. Sehingga peningkatan Income per-kapita kita bisa naik. Dimana salah satu komponennya adalah bagaimana UMKM bisa bangkit," tuturnya.

Di sisi lain Head of Government Relations East Java Gojek Boy Arno Muhamad menyebut, adanya digitalisasi akses masyarakat kebutuhan masyarakat bakal terpenuhi melalui satu aplikasi. Tentunya dengan sistem yang lebih mudah dipahami masyarakat apalagi di masa pandemi dimana kegiatan masyarakat sangat dibatasi.

Secara spesifik, bentuk kerjasama masing-masing sektor akan berbeda. Misalnya, sektor UMKM akan dikorelasikan dengan Go Food. Kemudian, pariwisata dengan Go Tix dan pembayaran pajak dapat dilakukan melalui Go Bills.

"Konsepnya sehubungan dengan pandemi, ini sebagai bentuk semangat kita untuk menjadikan Kota Malang sebagai smart tourism dan digital tourism. Lewat Go Bills nanti masyarakat bisa membayar pajak tanpa harus ke kantor pajak. Lalu lewat Go Tix, masyarakat bisa tahu informasi wisata hingga pesan tiketnya," tandasnya. (Nayoko) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkot Malang Gandeng Gojek Lakukan Digitalisasi untuk Tingkatkan Perekonomian

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT