Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Pendamping PKH se Kabupaten Malang Salurkan Bantuan 89 Juta untuk Korban Gempa

profile
Ferry

06 Mei 2021 17:34

170 dilihat
Pendamping PKH se Kabupaten Malang Salurkan Bantuan 89 Juta untuk Korban Gempa

MALANG - Puluhan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se Kabupaten Malang berkumpul pada Kamis (6/5/2021) di Balai Desa Tlogosari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Para pendamping PKH ini datang untuk menyalurkan bantuan kepada korban Gempa 6,1 SR Malang beberapa waktu lalu. Bakti sosial pendamping PKH menyasar rumah milik korban gempa yang mengalami kerusakan parah.

Diketahui, Total Bantuan yang disalurkan yakni sebesar 89 juta. Bantuan diterima langsung oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Dampit.

Pendamping PKH menyalurkan bantuan yang berupa uang tunai langsung kerumah korban Gempa 6,1 Malang.

Kordinator Kabupaten (Korkab) Pendamping PKH Kabupaten Malang, Gerry Budi Putranto menjelaskan dalam bakti sosial ini teknisnya terbagi menjadi tiga tim. Masing masing tim bertugas mengunjungi rumah KPM menyerahkan langsung bantuan.

"Kita bagi teman teman pendamping menjadi tiga tim. Masing masing tim bergerak menuju rumah rumah KPM terdampak untuk memberikan sedikit tali asih," terang Gery dengan singkat.

Gayung bersambut, Camat Tirtoyudo Sugeng menyambut baik bakti sosial Pendamping PKH se Kabupaten Malang ini. Menurutnya, dengan penyaluran bantuan PKH ini sudah cukup membantu masyarakat terdampak gempa dalam proses pemulihan.

"Saya mengapresiasi atas kontribusi teman-teman PKH, ditengah kesibukan kegiatan rutinnya tetap membantu kami di posko. Dan bahkan saat ini memberikan bantuan sosial secara langsung," tandas Sugeng.

Informasi lain, dikutip berbagai sumber, Program Keluarga Harapan (PKH) di Indonesia dirilis sejak tahun 2007. Awalnya, program Kemensos ini hanya dilaksanakan di 7 Provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur,Gorontalo, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Seiring berjalannya waktu, PKH mengalami perubahan mekanisme penyerahan bantuan. Awalnya, penyaluran bantuan PKH menggunakan PT Pos kini keluarga penerima manfaat dimudahkan dengan transfer langsung ke rekening via penyedia layanan perbankan.

Sementara, tugas pendamping PKH secara umum terbagi menjadi dua yakni tugas persiapan program dan tugas rutin yang akan dilaksanakan oleh pendamping sosial PKH di wilayahnya masing-masing.

Sedangkan tugas rutin pendamping yakni melaksanakan pemutahiran data KPM serta menerima pengaduan mengenai program baik dari KPM PKH maupun dari masyarakat umum dan menindaklanjuti aduan sesuai prosedur yang berlaku.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pendamping PKH se Kabupaten Malang Salurkan Bantuan 89 Juta untuk Korban Gempa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT