Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Penerbangan Internasional Dibuka Kembali, Upaya Pulihkan Ekonomi

profile
Doi

09 Oktober 2021 05:03

35 dilihat
Penerbangan Internasional Dibuka Kembali, Upaya Pulihkan Ekonomi
Sumber utama penghasilan masyarakat berasal dari sektor pariwisata, Jokowi buka kembali penerbangan internasional.

BALI – Pembukaan aktivitas ekonomi Bali diupayakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membuka kembali penerbnagan internasional.

Mengingat sumber utama penghasilan masyarakat berasal dari sektor pariwisata, Jokowi meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkannya dengan baik.

Dikutip suarajatimpost.com dari suara.com pemerintah telah memutuskan akan membuka penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 14 Oktober 2021.

Dalam arahannya kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Bali di Kantor Gubernur Bali, Kota Denpasar, pada Jumat (8/10/2021) malam, Jokowi menekankan persiapan matang.

"Kita harus siapkan secara detail infrastruktur, sehingga wisatawan datang, tetapi Covid-nya tetap terkendali. Kita tunjukkan bahwa kita mampu mengelola, mampu mengendalikan dengan manajemen yang ada di lapangan," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, pada masa pandemi ini, wisatawan yang datang ke Bali sangat menurun jumlahnya. Tercatat, jumlah wisatawan asing menurun hingga 97 persen, jumlah wisatawan nusantara menurun 27 persen, dan tingkat hunian kamar hotel di bawah 20 persen.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar pengalaman-pengalaman negara lain dalam menghadapi Covid turut dipelajari, termasuk pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Disiplin protokol kesehatan itu sangat menekan angka penyebaran Covid," tutur Jokowi.

Ditambahkan Jokowi, dari pengalaman beberapa negara, vaksinasi merupakan hal penting yang harus dijalankan.

"Di beberapa negara, saat kasus aktifnya sudah mulai menurun dan aktivitas ekonomi dibuka tapi tidak diimbangi dengan kecepatan vaksinasi, telah mengakibatkan kasus melonjak yang diiringi kenaikan angka kematian," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Di negara yang tingkat vaksinasinya tinggi, masih kata Jokowi, ketika aktivitas ekonomi dibuka, angka kasus kematiannya masih tetap rendah.

"Jadi artinya apa? Vaksinasi itu sangat menentukan," tutur Jokowi.

Sementara itu, per tanggal 8 Oktober 2021, vaksinasi di Provinsi Bali sendiri telah mencapai 98 persen untuk dosis pertama dan lebih dari 80 persen untuk dosis kedua.

Jokowi berharap, mendatang setelah tanggal 14 Oktober 2021 dibuka, terpenting testing dan tracing-nya betul-betul dikerjakan secara maksimal.

"Terutama yang merah merah itu agar diperbaiki, misalnya testing rerata mingguan di Bangli 57 persen, di Karangasem 34 persen, dinaikkan," jelasnya.

Melihat situasi tersebut, Jokowi optimistis dan berani untuk memutuskan pembukaan penrbangan internasional ke Bali.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Penerbangan Internasional Dibuka Kembali, Upaya Pulihkan Ekonomi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT