Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Pentingnya Vaksinasi Covid-19, Wabup Jember : Itu Mengurangi Resiko Terpapar

profile
Rochul

25 Juni 2021 21:24

366 dilihat
Pentingnya Vaksinasi Covid-19, Wabup Jember : Itu Mengurangi Resiko Terpapar
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (dokumen SJP)

JEMBER - Pemkab Jember terus mengintensifkan program vaksinasi COVID-19. Hal ini untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19 yang kian hari di Kabupaten Jember, kian meningkat. 

Wakil Bupati (Wabup) Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengingatkan, masuknya varian Covid-19 baru ke Jawa Timur menjadikan pandemi ini kian berbahaya. Apalagi disebutkan para ahli varian Covid-19 Delta memiliki sebaran yang cepat. 

”Varian delta ini lebih ganas  lewat piring bekas saja bisa tertular,” katanya kepada awak media, pada Jumat (25/6/2021).

Gus Firjaun, sapaan akrabnya mengimbau masyarakat di Kabupaten Jember mau divaksin guna mengurangi resiko terpapar Covid-19. 

”Vaksin itu sangat penting, ibarat kata seperti jas hujan, melindungi  dan mengurangi resiko basah, bukan berarti yang sudah pakai jas hujan lantas nggak akan basah sama sekali. Demikian juga dengan vaksin, mengurangi resiko kena,” ucap Gus Firjaun. 

Pengasuh Ponpes Ashtra itu kemudian berpesan agar masyarakat tetap melakukan vaksinasi, dengan mendatangi tempat-tempat yang telah disediakan oleh pemerintah seperti rumah sakit, puskesmas, balai desa, kelurahan dan lain sebagainya.

”Untuk warga yang belum vaksin, mari ikut vaksinasi untuk mengurangi resiko tertular. Sedangkan untuk warga yang telah divaksin jangan abai tetap patuhi protokol kesehatan, karena itu sangat penting sekali," tukasnya. 

Sebagai informasi, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 hingga Jumat malam 25 Juni 2021 angka penambahan COVID-19 kian melonjak. 

Ada penambahan 38 kasus Covid-19 pada Jumat ini. Sementara akumulasi total kasus Covid-19 di Jember mencapai 7.324 kasus Covid-19, rinciannya 180 kasus aktif atau menjalani perawatan, 6.642 kasus sembuh, dan 502 kasus meninggal dunia. 

Keganasan virus corona ini tidak mengenal strata masyarakat. Siapapun bisa tertular, dari masyarakat biasa hingga pejabat. Di Kabupaten Jember misalnya, dua anggota DPRD terkonfirmasi positif COVID-19. Bahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga ikut terkonfirmasi positif Covid-19. 

Akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19, Pemkab Jember melarang masyarakat menggelar hajatan yang berpotensi  menyebabkan kerumunan, karena itu jika dibiarkan akan menjadi klaster.

Bupati juga akan menunda kegiatan seperti MTQ yang rencananya digelar akhir pekan ini. Keputusan itu tertuang pada surat instruksi bupati yang tertanggal 23 Juni 2021.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pentingnya Vaksinasi Covid-19, Wabup Jember : Itu Mengurangi Resiko Terpapar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT