Rabu, 19 Januari 2022
Kriminal

Penyelundupan Sabu di Lapas Banyuwangi Berhasil Digagalkan

profile
Ikhwan

12 Februari 2021 17:33

113 dilihat
Penyelundupan Sabu di Lapas Banyuwangi Berhasil Digagalkan
Petugas Lapas saat mengagalkan penyelundupan sabu oleh warga binaan

BANYUWANGI, -  Percobaan penyelundupan narkoba jenis sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi berhasil digagalkan.

Barang haram tersebut coba diselundupkan oleh Edi Kuswanto seorang warga Lapas yang mendapat pembinaan kerja luar, bidang pertanian.

Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto menerangakn kejadian ini terungkap ketika pemeriksaan rutin kepada warga binaan usai kegiatan kerja luar sebelum kembali ke dalam Lapas, Kamis (11/2/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Namun saat itu petugas dibuat curiga, dengan Edi Kuswanto lantaran lari ketika hendak diperiksa. Saat itu tersangka juga membuang benda hitam di tempat sampah dekat lokasi parkir.

“Kemudian petugas mengejarnya sekitar 10 meter dari pintu masuk, dan menemukan barang dibungkus isolasi warna hitam,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (12/2/2021).

Setelah diamankan, Edi Kuswanto kemudian dibawa keruang pemeriksaan dan didapati barang yang diduga Narkoba jenis Sabu yang dibungkus plastik dibalut dengan lakban.

“Bungkusan yang diamankan satu paket kristal warna putih, diduga Narkoba jenis Sabu yang berat sekitar 8-10 gram,” ujarnya.

Masih kata Wahyu, Edi mengaku barang titipan tersebut didapat dari orang yang tidak dikenal ketika bertemu di depan lapas. Sabu itu nantinya diberikan kepada Gangsar yang juga penghuni Lapas yang ditersandung kasus kepemilikan narkoba.

“Kedua narapidana tersebut kita serahkan kepada Satnarkoba Polresta Banyuwangi untuk penyelidikan asal usul barang tersebut,” ungkapnya.

Sanksi internal, menurut wahyu, akan diberikan selain ditambahi kasus kepada keduanya. Sanksi dari internal Lapas Banyuwangi sendiri juga diberikan yaitu berupa hukuman sel tikus, sanksi register v atau tidak bisa mendapatkan remisi atau lainnya dan pemindahan ke lapas luar Banyuwangi.

“Sanksi diberikan karena napi sudah melanggar peraturan Kemenkumham, sehingga hak-haknya sebagai warga binaan tidak bisa lagi didapatkan,” tegas Kalapas lulusan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) angkatan 34.

Sementara itu, Edi mengungkapkan penyesalannya karena menerima barang titipan dari seseorang yang tidak diketahui saat bertemu di depan Lapas Banyuwangi.

Saat itu, seseorang tersebut menyerahkan barang tersebut sembari mengatakan ini untuk Gangsar.

“Saya kabur untuk menghidari pemeriksaan, karena takut melihat teman-teman saya diperiksa, jadi saya hanya berusaha menghindar,” tukasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Penyelundupan Sabu di Lapas Banyuwangi Berhasil Digagalkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT