Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Perahu Nelayan Situbondo Karam di Perairan Mimbo, 15 ABK Selamat

profile
Sarwo

14 Januari 2022 23:05

319 dilihat
Perahu Nelayan Situbondo Karam di Perairan Mimbo, 15 ABK Selamat
Ilustrasi perahu tenggelam (istimewa)

SITUBONDO, - Kecelakaan laut menimpa perahu jenis selerek milik nelayan Situbondo. Beruntung 15 orang awak kapal nelayan Mimbo, Sumberanyar, Banyuputih, Situbondo, selamat. 

Diduga karena cuaca ekstrim, selain gelombang tinggi, kondisi saat kejadian hujan disertai angin kencang. Sehingga perahu milik Masirun (57), karam saat perjalanan mendekati lokasi mencari ikan sekitar pukul 05.00 WIB dengan jarak 1 Mil dari bibir pantai Mimbo.

"Dari 15 ABK yang seluruhnya nelayan asal Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, semua selamat,"ucap Puriyono Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Jumat (14/1/2021) siang.

Dari pengakuan ABK perahu Rampok Jaya, lanjut Puriyono,  semua nelayan ditolong perahu lain yang kebetulan melintas disekitar perahu yang tenggelam tersebut. Perahu tersebut kehilangan keseimbangan, miring, terbalik lalu tenggelam.

"Para nelayan tersebut, berusaha menyelamatkan diri berpegangngan pada benda benda yang ada. Sekitar pukul 06.00 WIB, ada perahu lain yang melintas langsung menolong ke 15 ABK tersebut dan dievakuasi ke bibir pantai Mimbo,"ujarnya.

Setelah menerima laporan, sambung Puriyono, anggota BPBD bersama anggota Kamla TNI AL Pos Jangkar, anggota Polsek dan Koramil Banyuputih, langsung melakukan kaji cepat di lokasi.

"Selain meminta keterangan dari sejumlah nelayan yang selamat, tim gabungan juga melakukan pendataan atas tenggelamnya perahu jenis slerek tersebut,"katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa tenggelamnya perahu tersebut, semua penumpangnya selamat. Namun perahu selerek dan barang bawaan yang ada dalam perahu, seluruhnya ikut tenggelam.

"Sekitar pukul 07.00 WIB seluruh ABK berhasil dievakuasi nelayan lain ke bibir pantai dalam keadaan selamat. Akibat peristiwa itu, pemilik perahu mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp. 250 juta,"pungkas Puriyono.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perahu Nelayan Situbondo Karam di Perairan Mimbo, 15 ABK Selamat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT