Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Perayaan Imlek Saat Covid-19 di Klenteng Eng An Kiong Malang Dibatasi

profile
Nayoko

12 Februari 2021 17:51

78 dilihat
Perayaan Imlek Saat Covid-19 di Klenteng Eng An Kiong Malang Dibatasi
Suasana di Klenteng Eng An Kiong Malang saat Imlek 2021

KOTA MALANG - Perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Eng An Kiong Malang sepi imbas adanya pandemi Covid-19. Ya, tak seperti biasanya suasana klenteng yang berada di Jalan Laksamana Martadinata ini sepi saat Imlek. 

Tampan dari pengamatan di klenteng, sejak Jumat pagi (12/2/2021) sekitar pukul 10.00 WIB hingga siang hari, klenteng yang biasanya ramai dipadati jamaah beribadah sepi. Hanya segelintir umat Konghucu uang beribadah di klenteng, sedangkan sisanya memilih beribadah di rumah masing-masing. 

Anjuran dari pemerintah untuk membatasi peribadahan di tengah pandemi Covid-19 membuat umat Konghucu memilih beribadah di rumah.

Kepala Seksi Keamanan Klenteng Eng An Kiong Prabowono mengatakan, ada pembatasan umat saat ibadah di klenteng. Dimana hanya 30 orang yang maksimal boleh melakukan sembahyang di klenteng.

"Karena ada pandemi Covid-19 dan himbauan dari pemerintah, kami hanya mengadakan sembahyang bersama dan tidak di ikuti oleh seluruh pengurus hanya orang tertentu saja yang diperbolehkan datang. Ibadah dibatasi maksimal 30 orang dengan waktu 30 menit saja per orangnya," ujar Prabowono. 

Demi menyeleksi dan membatasi jumlah umat yang hadir diklenteng, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk berjaga. Penjagaan ini demi penerapan protokol kesehatan bisa dijalankan umat Konghucu. 

Bahkan demi mencegah kerumunan festival barongsai pun terpaksa ditiadakan di perayaan Imlek tahun 2021 ini. Namun masih ada sejumlah masyarakat Kota Malang yang menunggu adanya perayaan barongsai serta berbagi angpao di klenteng. 

"Hari ini hanya sembahyang bersama saja. Pertunjukan barong sai dan acara lain tidak ada. Bahkan untuk umat yang ingin datang, kami persilahkan tetapi saat sembahyanghanya boleh satu persatu dan tidak boleh bergerombol," ungkapnya.

Peralatan barongsai yang telah disiapkan tersebut hanya untuk peresmian saja. "Harapan kami supaya pandemik cepat berlalu masyarakat krmbali normal dan negara aman," tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perayaan Imlek Saat Covid-19 di Klenteng Eng An Kiong Malang Dibatasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT