Jumat, 28 Januari 2022
Pemerintahan

Percepatan Pertumbuhan IPM, Bupati Lumajang: Perlu Adanya Sinergitas OPD

profile
achmad fuad

08 Februari 2021 19:42

33 dilihat
Percepatan Pertumbuhan IPM, Bupati Lumajang: Perlu Adanya Sinergitas OPD

LUMAJANG – Percepatan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang perlu dilakukan dan dibutuhkan adanya sinergitas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) yang mengingatkan bahwa peringkat IPM Kabupaten Lumajang pada posisi tingkat ke-3 dari bawah di Propinsi Jawa Timur. 

"Percepatan Pertumbuhan IPM, merupakan target utama Bupati dan Wakil Bupati," kata Wabup saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi Percepatan Peningkatan IPM Kabupaten Lumajang, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang.

Bunda Indah juga menerangkan, bahwa terdapat 3 indikator yang dapat menunjang peningkatan IPM, diantaranya yaitu sektor pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat.

Guna lebih mengoptimalkan jalannya percepatan IPM tersebut, pihaknya telah membuat sebuah tim yang kemudian akan ada dorongan kinerja atau support serta sinergitas yang baik dari pihak kecamatan untuk membantu dalam pelaksanaan peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang.

"Tim percepatan IPM sudah kita bentuk, semua Kepala Dinas sudah mengetahui dengan benar soal tugasnya masing-masing, sehingga segera untuk dilakukan sesuai tugasnya, termasuk Camat juga segera sampaikan kepada tiap Kepala Desa (Kades)," terang politisi partai Gerindra ini.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lumajang, Retno Wulan Andari menjelaskan bahwa program prioritas Kabupaten Lumajang saat ini adalah percepatan peningkatan IPM.

Retno juga menjelaskan pada acara rakor tersebut, dihadiri oleh Camat se-Kabupaten Lumajang. Dirinya berharap agar seluruh camat yang hadir dapat mengikuti dan memperhatikan semua arahan serta kebijakan yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati Lumajang.

"Pada kesempatan kali ini kita berupaya untuk percepatan IPM di Kabupaten Lumajang," harapnya

Sebab menurut Retno, IPM tidak hanya menjadi tanggung jawab satu atau beberapa OPD saja, tetapi semua OPD yang perlu sinergitas, karena IPM dinilai dari 3 variabel yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi, seperti yang diungkapkan Wabup Lumajang.

“Ada banyak program yang terkait dengan peningkatan Umur Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rara-rata Lama Sekolah (RLS), dan peningkatan konsumsi masyarakat,” bebernya kepada awak media ini.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, bahwa faktor kesehatan ditentukan oleh UHH dengan menghitung lama hidup yang diharapkan (dicapai) bayi sejak lahir. Pendekatan yang digunakan dalam dimensi ini meliputi rata-rata jumlah anak lahir hidup dan yang masih hidup. 

“Dari faktor kesehatan, dibutuhkan penurunan angka kematian bayi dan angka kematian ibu serta kamatiam diatas 1 tahun,” ungkapnya.

Dari faktor pendidikan ditentukan oleh RLS, yaitu jumlah tahun yang digunakan oleh penduduk umur minimal 25 tahun dalam menjalani pendidikan formal. Dan HLS merupakan lama sekolah formal (tahun) yang diharapkan dan mampu diselesaikan oleh penduduk berumur 7 tahun ke atas di masa mendatang.

Namun Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lumajang, Agus Salim, saat dimintai keterangan seputar program kongkritnya percepatan pertumbuhan IPM di Kabupaten Lumajang, pihaknya masih belum memberikan jawaban sampai dengan berita ini ditayangkan. 

Sedangkan dimensi standar hidup layak diperoleh dengan menghitung besarnya pengeluaran per kapita per tahun yang disesuaikan didukung dengan data paritas daya beli. Besarnya pengeluaran per kapita diperoleh dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Sementara itu, paritas daya beli diperoleh berdasarkan harga 96 komoditas kombinasi makanan dan non-makanan, dengan Jakarta Selatan sebagai acuan dasar penentu harganya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Percepatan Pertumbuhan IPM, Bupati Lumajang: Perlu Adanya Sinergitas OPD

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT