Sabtu, 29 Januari 2022
Komunitas

Perhatikan Sejumlah Hal Ini untuk Perawatan Motor Saat Musim Hujan

profile
Admin

18 Desember 2020 14:44

120 dilihat
Perhatikan Sejumlah Hal Ini untuk Perawatan Motor Saat Musim Hujan
Ilustrasi berkendara sepeda motor

SURABAYA - Memasuki musim hujan genangan air bahkan sampai merendam sepeda motor membuat perlu perawatan ekstra. Selain bagian mesin yang kemungkinan tersiram air, bagian bodi motor pun juga harus mendapat perhatian khusus.

PT MPM Honda mempunyai tips yang dapat dimanfaatkan pemilik motor guna merawat motor secara sederhana di saat musim penghujan seperti saat ini.

Technical Development Area Head MPM Honda Jatim Naim Muhdori mengatakan, mencuci motor sesegera mungkin sesaat setelah terkena air hujan menjadi poin pertama.

"Kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau atau bahkan merusak cat dan mencegah timbulnya karat. Apabila tidak punya waktu untuk mencuci cukup dengan mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya dengan air bersih," ujar Naim Muhdori, pada Jumat (18/12/2020).

Naim menambahkan, pemeriksaan kepada tekanan angin dan ketebalan alur ban juga menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap pemilik motor. Menurutnya, dalam kondisi panas atau hujan, tekanan angin ban harus sesuai anjuran yang telah ditentukan. Jangan sampai tekanan angin ban berlebih atau kurang yang mengakibatkan ban cepat rusak dan kurangnya kenyamanan serta kestabilan pengendalian.

"Kondisi jalan yang basah bisa membuat jalan jadi lebih licin. Dalam situasi ini, kondisi ban dan tekanan anginnya harus dalam kondisi optimal demi keselamatan dan kenyamanan berkendara," paparnya.

Dirinya juga memaparkan ketebalan atau alur ban yang sudah tipis juta dapat menyebabkan kecelakaan. Apalagi adanya air di permukaan jalan yang tidak dapat dibuang dengan baik oleh alur ban, bisa menyebabkan keausan ban pada indikatornya.

"Rem merupakan piranti keselamatan sepeda motor yang sangat penting. Karena itu, rutinlah memeriksa dan merawatnya agar rem tetap berfungsi secara optimal. Mulai dari tuas hingga ke bagian kanvas rem," terangnya.

"Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem," imbuh Naim.

Air hujan yang turun bisa menyebabkan karatan pada kondisi sepeda motor anda. Maka ada baiknya mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan chain lube lebih sering, misal seminggu satu sampai dua kali. Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat dan lebih awet tidak cepat aus, akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor.

"Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya. Ukuran standar ketegangan rantai sepeda motor adalah 2-3 cm," bebernya.

Pemeriksaan busi motor juga menjadi bagian penting saat musim penghujan tiba. Pastikan kop atau karet penutup busi dalam kop busi pada kondisi kering.

"Lampu - lampu kendaraan juga harus dipastikan menyala. Lampu depan, lampu head light, lampu belakang, lampu sein, merupakan salah satu alat komunikasi saat berkendara. Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut," paparnya.

Semua perawatan sederhana itu bisa dilakukan melalui layanan pit ekspres di bengkel AHASS, bagi pemilik motor Honda.

"Lakukan perawatan secara berkala motor Honda kesayangan ke AHASS terdekat. Tersedia layanan pit ekspres bagi konsumen yang tidak mempunyai banyak waktu," tandasnya. (Adv) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perhatikan Sejumlah Hal Ini untuk Perawatan Motor Saat Musim Hujan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT