Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Peringatan HSN 2021, PCNU Kabupaten Mojokerto Berikan Santunan dan Beasiswa ke 1002 Anak Yatim

profile
Andy

22 Oktober 2021 20:19

116 dilihat
Peringatan HSN 2021, PCNU Kabupaten Mojokerto Berikan Santunan dan Beasiswa ke 1002 Anak Yatim

MOJOKERTO - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, PCNU Kabupaten Mojokerto memberikan santunan dadan beasiswa ke 1.002 anak yatim.

PCNU juga menggelat upacara peringatan Hari HSN 2021, dilaksanakan di Halaman Kantor PCNU Jalan RA Basuni No 9 Sooko, Kamis (22/10/2021).

Upacara puncak HSN tersebut turut dihadiri oleh H Suwandi anggota DPRD Jatim, Gus Salam Wakil Ketua PWNU Jatim, Ketua PCNU, 18 pengurus MWCNU, pengurus pondok pesantren, Banom banom. Detik detik upacara Hari Santri diawali dengan pembacaan ayat suci alqur'an dan Sholawat.

Upacara HSN 2021 yang digelar PCNU Kabupaten Mojokerto

Ketua Panitia HSN Kabupaten Mojokerto Drs. H. M. Shobirin mengungkapkan rasa syukur atas nikmat dan rahmat Allah SWT sehingga semua pihak bisa mendukung berjalannya kegiatan Peringatan Hari Santri tahun 2021.

"Adapun rangkaian kegiatan dalam memeriahkan hari santri tahun 2021 adalah muskercab 2, turnamen futsal dan badminton, seminar penguatan organisasi, ngopi soya dan lomba vidio vlog, kemah sako ma'arif, peringatan maulud nabi, lomba foto kontes, pra rakercab dan sosialisasi HSN, lomba karya tulis ilmiah, festival sholawat, upacara hari santri, whorkshop tentang pesantren, kuliah falak, Bahtsul masail dan gebyar sholawat dan pengobatan," sambungnya.

"Panitia HSN juga menginstruksikan kepada MWCNU Se-Kabupaten Mojokerto dengan bekerja sama dengan JQH NO, RMI NU, LTM NU untuk melaksanakan Mojokerto Mengaji (Khotmil Qur'an) pada Hari Jum'at, 22 Oktober 2021 bersamaan puncak peringatan HSN mulai pukul 06.00 WIB- Selesai di Masjid, Mushola, Pondok Pesantren, TPQ, Madin, Majelis Takim, di wilayah setempat," terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan peresmian Masjid Nahdlah El Muttaqim PCNU, peletakkan batu pertama pembangunan gedung 3 lantai untuk Banom (Badan Otonom NU) dan perguruan tinggi, pemberian santunan kepada 1002 anak Yatim dan pemberian beasiswa kepada anak yatim yg orang tuanya meninggal akibat covid, serta santunan berupa 100 karung beras dari Gus Barra.

"Kita juga menyambut kedatangan arak arak'an atau konvoi resolusi jihad para banser, serta melakukan doa bersama," jelasnya Sobirin.

Sedangkan, KH Adzim Alwi Ketua PCNU menyampaikan tema Hari Santri Nasional tahun ini adalah Santri siaga jiwa raga, bertumbuh, berdaya dan berkarya.

"Tanggal 22 Oktober yang telah ditetapkan oleh presiden menjadi Hari Santri melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri. Adanya Hari Santri menunjukkan bahwa pemerintah telah resmi mengakui peran para santri terhadap bangsa Indonesia. Santri merupakan salah satu golongan masyarakat yang ikut berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan, ujar KH Adzim Alwi.

Lebih lanjut dikatakannya, penetapan Hari Santri oleh pemerintah merupakan sumbangsih perjuangan santri dalam memepertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad oleh pendiri Nahdlatul Ulama yaitu Hadratussyeikh KH M Hasim Asy’ari. Santri terus melanjutkan perjuangan para ulama terdahulu. Khususnya dalam menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Yakni sebagai wujud ingin mengenang para kiai dan santri serta pejuang yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan Resolusi Jihad. Santri diharapkan senantiasa meneruskan perjuangan para ulama terdahulu dalam menjaga keutuhan NKRI," ungkap Kiai Adzim, Jumat (22/10/2021).

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peringatan HSN 2021, PCNU Kabupaten Mojokerto Berikan Santunan dan Beasiswa ke 1002 Anak Yatim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT