Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Pertemuan 'Rahasia' Bupati - Wabup Jember dengan DPRD Jatim, Apa Hasilnya?

profile
Rochul

03 Maret 2021 10:06

39 dilihat
Pertemuan 'Rahasia' Bupati - Wabup Jember dengan DPRD Jatim, Apa Hasilnya?
Pertemuan Bupati Dan Wakil Bersama Wakil Ketua DPRD Jawa Timur

JEMBER - Bupati - Wakil Bupati (Wabup) Jember melakukan pertemuan dengan dua perwakilan anggota DPRD Jawa Timur. Pertemuan dengan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak, serta Karimullah Dahrujiadi, dilakukan di Pendopo Wahya Wibawa Graha Jember guna membicarakan sejumlah hal usai pelantikan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun sebagai duet kepala daerah Jember. 

Pertemuan ini berlangsung tertutup pada Rabu pagi (3/3/2021) dan tak bersedia diliput oleh awal media. 

Usai pertemuan, Karimullah sedikit membuka bahwa Sahat Tua menyampaikan dukungannya kepada Hendy bersama Wakil Bupati, KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman yang akan mulai menjalani tugas memimpin Jember.

“Kita ikut bangga melihat perkembangan sampai kehadiran langsung Gubernur Jawa Timur. Tentu itu akan menjadi motivasi tersendiri untuk sinergitas Pemkab Jember dengan Pemprov Jatim,” katanya. 

Karimullah mengungkapkan, penanganan masalah di level rakyat yang sangat kompleks tidak serta merta semuanya bisa ditangani sendiri oleh Pemkab Jember. Beban persoalan daerah setingkat kabupaten/kota justru akan semakin ringan jika dibantu oleh Pemprov dan pemerintah pusat.

Dia rupanya berkaca pada pasang-surutnya hubungan Pemkab Jember dengan Pemprov Jatim yang terjadi dalam lima tahun belakangan. Bukan hanya masalah penerapan regulasi internal birokrasi yang sampai Gubernur turun tangan, melainkan juga sempat terjadi beberapa kali program Pemprov Jatim untuk warga Jember malah batal gara-gara sikap abai pemangku kepentingan di Pemkab Jember.

Salah satu contohnya adalah insiden penolakan bantuan hibah alat pertanian pada Mei 2019 silam. Ketika itu, Kepala Dinas Pertanian Jatim, Hadi Sulistyo hendak mendistribusikan ke petani berupa sejumlah mesin traktor, mesin penanam padi, dan mesin bajak sawah. Tetapi, tiada jawaban apapun dari Pemkab Jember, sehingga beragam peralatan tersebut urung dinikmati petani.

Karimullah menekankan, hal semacam itu jangan sampai terjadi lagi. Sebab, masalah di masyarakat yang perlu ditangani bersama-sama sangatlah banyak.

"Mulai soal pertanian, pandemi COVID-19, problem ekonomi, kerusakan infrastruktur, sarana pendidikan, layanan kesehatan, pengembangan wisata dan lain sebagainya,” Ujar anggota Komisi A DPRD Jatim itu.

Sedangkan, Hendy mengindikasikan sikapnya bakal terbuka menerima program-program yang berasal dari Pemprov Jatim. Hal itu tampak dari pernyataan yang diutarakan usai pertemuannya dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. “Kita berharap dan butuh support dari Gubernur,” ujarnya usai acara serah terima jabatan di Gedung DPRD Jember pada Selasa, 2 Maret 2021.

Hendy memperhatikan sorotan Gubernur Khofifah tentang tingginya kasus kematian ibu, anak, problem stunting, dan tingkat kemiskinan.

“Sesuai arahan Gubernur bahwa hal ini prioritas sangat serius buat kita. Orang luar melihat, kalau tidak bisa menangani hal ini justru yang lainnya akan mempengaruhi,” tegasnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pertemuan 'Rahasia' Bupati - Wabup Jember dengan DPRD Jatim, Apa Hasilnya?

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT