Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

PKL Boikot Berjualan, Kota Batu Sepi di Malam Pergantian Tahun

profile
Admin

31 Desember 2020 20:00

162 dilihat
PKL Boikot Berjualan, Kota Batu Sepi di Malam Pergantian Tahun
Suasana sore di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu
KOTA BATU – Buntut dari rasa keberatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Kota Batu, terlihat sepanjang jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Ngaglik, Batu tampak penuh tenda. Harusnya, kawasan ini menjadi pasar malam pergantian tahun baru, namun faktanya hingga menjelang petang, tidak nampak satu pun PKL yang menempati.

Sekretaris Diskumdag Kairo Latief Setiawan mengatakan, rentetan tenda tersebut terpasang sampai Jumat (1/1/2021). Tetapi, sebelum pukul 08.00 WIB kawasan ini sudah harus steril.

"Kalau dari Diskumdag mengeluarkan 33 unit tenda, lalu dari Disparta informasinya ada 50 unit. Yang jelas kita udah persiapkan, dan warga sekitar boleh menempati untuk berjualan jika memang tidak ditempati," katanya.

Hingga hari - H, lanjut Latief, PKL Alun-alun Batu belum memberi kabar terbaru. "Ya itulah kenapa tenda stand di sepanjang Panglima Sudirman ini juga sepi. Harapan kami, jangan sampai tutup dan tidak ada yang berjualan. Karena, potensi penumpukkan massa besar bisa terjadi,” kata dia.

Sementara itu, salah satu PKL Alun-alun, Umi Latifah menjelaskan alasan mengapa tidak berkenan pindah. "Durasinya hanya satu malam, boyongan barang itu juga perlu tenaga dan biaya. Sementara tamu yang sudah pesan hotel saja banyak yang cancle. Kami tidak mau berjudi," terang dia.

Sepinya wisatawan yang masuk ke Kota Batu, lanjut Umi, menjadi faktor kuat sebagian besar PKL Alun-alun untuk lebih memilih tidak berjualan.

"Pemkot tidak mau mendengar keluh kesah kami. Lebih baik sekalian libur, gak resiko. Biar sudah tahun ini kami tidak bisa panen, semoga pandemi segera selesai dan kami bisa berjualan normal," tandasnya. 

Tampak dari pantauan di lokasi di Jalan Panglima Sudirman sepi. Hujan deras yang mengguyur Kota Batu kian menambah sepi suasana jelang malam pergantian tahun. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

PKL Boikot Berjualan, Kota Batu Sepi di Malam Pergantian Tahun

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT