Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Plengsengan Sungai Posaran Jember Longsor, Tiga Bangunan Dikosongkan

profile
Admin

17 Januari 2021 19:54

253 dilihat
Plengsengan Sungai Posaran Jember Longsor, Tiga Bangunan Dikosongkan
Bangunan yang terdampak longsoran plengsengan Sungai Posaran

JEMBER - Tiga bangunan di bantaran Sungai Posaran Gladak Merah Jember terdampak longsoran plengsengan hingga terancam rusak. Kejadian ini menimpa tiga bangunan yang ditempati sebagai warung makan, bengkel las, dan toko penjual gamping dengan panjang 30 meter yang ada di Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember pada Minggu sore (17/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Diduga plengsengan tersebut tergerus air karena peningkatan hujan deras yang melanda kawasan Kecamatan Gumukmas, Kecamatan Jember. Tampak tiga bangunan ini sudah tinggal sedikit lagi ikut longsor ke air di bawah tebing plengsengan yang telah longsor, dan terbawa arus sungai yang berada lima meter di bawahnya.

"Tiga bangunan, ada warung dan tempat usaha dan itu sudah berdiri puluhan tahun di bantaran Sungai Posaran tersebut," ucap Warga sekitar Sungai Posaran Sumad. 

Sumad mengatakan, bila pemerintahan desa telah mengetahui informasi bangunan yang jatuh ke sungai akibat tergerus bantaran sungai yang longsor. Pihak desa pun telah meminta untuk mengosongkan tiga lokasi bangunan yang terdampak gerusan air sungai tersebut. 


Bangunan yang terdampak plengsengan sungai yang longsor

Kepala Desa Menampu Aan Rofi'i telah memberikan himbauan untuk mengosongkan bangunan yang terdapat kerusakan gerusan sungai. 

"Kami himbau kosongkann sebagain sudah di bongkar sama pemilik usaha pada saat kondisi menghawatirkan sore tadi. Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait atas kejadian ini"ujar Aan Rofi'i saat dikonfirmasi terpisah.

Aan juga menyampaikan jika kondisi saat ini kondisi air tengah naik dan membawa sejumlah material bambu, kayu, dan material yang diduga merupakan bagian dari banjir. 

"Ada material bambu dan kebetulan menancap di dinding tangkis sungai dan akhirnya terjadi gerusan dan dampaknya sebagian tanah ambrol akibat air meninggi," tukasnya. 

Hingga berita ini dibuat, banyak warga masih datang dan melihat kondisi dari dekat amblesnya plengsengan di bantaran Sungai Posaran tersebut. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Plengsengan Sungai Posaran Jember Longsor, Tiga Bangunan Dikosongkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT