Selasa, 18 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Polda Jatim Turun Tangan Dalami Kasus Dugaan Pelanggaran Gowes Wali Kota Malang

profile
Avirista

30 September 2021 20:20

81 dilihat
Polda Jatim Turun Tangan Dalami Kasus Dugaan Pelanggaran Gowes Wali Kota Malang
Gowes Wali Kota dan pejabat Pemkot Malang

MALANG - Dugaan pelanggaran gowes ke Pantai Kondang Merak Wali Kota Malang Sutiaji akhirnya ditangani Polda Jawa Timur.

"Ya dari hasil gelar itu proses penanganan ditarik ditangani oleh tim Polda Jawa Timur," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko, saat dihubungi suarajatimpost, pada Kamis (30/9/2021).

Menurut Gatot, pengambilalihan dugaan pendalaman kasus gowes ke Pantai Kondang Merak yang melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk lebih memfokuskan penanganan kasusnya saja. "Supaya lebih terfokus saja penanganannya," ucap Gatot.

Sejauh ini kepolisian dikatakan Gatot, telah melakukan gelar perkara yang dilakukan Polda Jawa Timur dan penyidik Polres Malang. Tapi sejauh ini belum dapat memastikan apakah nanti Sutiaji akan diperiksa di Mapolda Jawa Timur, atau Polres Malang.

"Itu belum tahu (Sutiaji diperiksa kapan) kemarin nanti kita lihat nanti apa namanya, kan baru kemarin ditarik hasil gelarnya," ungkapnya.

Dirinya juga belum mengetahui mengenai siapa - siapa saja yang akan dimintai keterangan, mengingat sejauh ini Gatot belum menerima informasi dari penyidik Polda Jatim.

"Sekarang masih berproses updatenya siapa - siapanya, saya belum dapat update dari penyidiknya. Nanti kalau ada saya kasih tahu," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan sebuah video viral jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak, yang tutup imbas penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga di Kabupaten Malang. Kejadian tersebut berlangsung pada Minggu pagi 19 September 2021 sekitar pukul 10.00 WIB.

Terlihat dalam video Wali Kota Malang Sutiaji, Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso dan jajaran pejabat Pemkot Malang lainnya turut bersepeda ke Pantai yang berada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini.

Gowes tersebut pun berujung laporan Jaringan Aliansi Aktivitis Malang Raya (JAASMARA) pada Senin sore 20 September 2021.

Beberapa hari kemudian, sejumlah ASN mulai dari Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang Heru Mulyono juga terlihat di Mapolres Malang untuk menjalani pemeriksaan.

Di sisi lain, Wali Kota Malang Sutiaji sendiri telah menyampaikan permintaan maafnya atas kejadian yang membuat gaduh masyarakat di Malang raya. Pernyataan ini disampaikan Sutiaji saat menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang pada Kamis pagi (23/9/2021). Sutiaji bersedia mengikuti proses hukum bilamana apa yang dilakukan dianggap melanggar aturan.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polda Jatim Turun Tangan Dalami Kasus Dugaan Pelanggaran Gowes Wali Kota Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT