Sabtu, 29 Januari 2022
Hukum

Polisi Bongkar Penimbun Obat - obatan Covid-19 di Jawa Timur

profile
Erwin

10 Juli 2021 21:27

318 dilihat
Polisi Bongkar Penimbun Obat - obatan Covid-19 di Jawa Timur
Polda Jawa Timur membongkar penimbunan obat - obatan Covid-19

SURABAYA – Polisi berhasil mengungkap oknum tak bertanggung jawab yang menimbun obat - obatan Covid-19. Terungkapnya kasus penimbunan obat ini setelah kepolisian dari tim gabungan Polda Jawa Timur melakukan penyelidikan dari hasil informasi masyarakat. 

Selanjutnya tim gabungan dari Satgas Penegakkan Hukum (Gakkum) Polda Jawa Timur yang terdiri dari Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba, melakukan penyelidikan selama seminggu. Hasilnya polisi berhasil mengamankan seorang perempuan berinisial ES (36) , warga Margorejo Indah, Wonocolo. 

"Hari ini kami mengungkap adanya tindakan penjualan obat obatan yang dilakukan orang yang tidak benar. Tim melakukan penyitaan 43 jenis obat obatan dan vitamin. Dan tersangka satu orang," ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, saat memimpin rilis di Mapolda Jawa Timur, Sabtu (10/7/2021). 

Menurutnya, selain menimbun sejumlah obat - obatan tersangka juga menjual obat ilegal yang tak memiliki izin edar secara resmi. 

"Dimana obat dan vitamin ini dijual dan diedarkan bukan oleh orang yang berwenang dalam bidang kefarmasian," ungkapnya. 

Atas perbuatannya ES terancam penjara maksimal 15 tahun karena dijerat dengan Pasal 198 Undang - Undang tentang Kesehatan. 

Nico mengajak masyarakat untuk tidak melakukan hal seperti ini, sebab obat - obatan dan vitamin sekarang dibutuhkan masyarakat yang membutuhkan sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang aktif memberikan informasi.

"Saya minta kepada masyarakat, tolong bila bukan apotek atau apoteker atau bukan toko obat yang punya wewenang untuk itu jangan menjual. Kalau ada oknum bukan yang memiliki ijin menjual sediaan farmasi menawarkan itu salah, sekarang masyarakat banyak yang membutuhkan," tambah kapolda.

Dalam kesempatan Kapolda juga menyampaikan bahwa saat ini, jajaran Polda Jawa Timur terus melakukan operasi yustisi. Ia juga mengajak masyarakat agar berperang menghadapi Covid-19.

"Kami mohon kepada masyarakat untuk satu dua minggu ini tetap tinggal di rumah sehingga menurunkan resiko penyebaran dan penularan Covid-19," pungkasnya. 

"Sabar dulu, kali ini kita harus sabar untuk tetap tinggal di rumah. Ayo bersatu menghadapi Covid dengan menerapkan 5M," harapnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polisi Bongkar Penimbun Obat - obatan Covid-19 di Jawa Timur

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT