Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Polres Malang Siapkan Empat Pos Utama Penyekatan Mudik

profile
Ferry

26 April 2021 17:07

42 dilihat
Polres Malang Siapkan Empat Pos Utama Penyekatan Mudik

MALANG - Polres Malang siapkan empat pos penyekatan menyambut kedatangan pemudik di wilayah Malang. Lokasi posko berada di sisi luar batas Kabupaten Malang.

Posko penyekatan di sebelah utara berbatasan dengan wilayah  Pasuruan. Satu posko lagi berada di wilayah barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar.

Polres Malang menyiapkan empat posko menjelang kedatangan pemudik ke Malang Raya. Posko ini berada disisi luar batas wilayah Malang baik dari utara maupun barat yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

Hal ini dibenarkan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. Menurutnya, pos penyekatan tersebut akan digunakan untuk mengecek semua jenis kendaraan tanpa terkecuali.

"Ada empat pos penyekatan nanti yang tugas utamanya mengecek dari para pengguna kendaraan, baik roda dua maupun empat. Terutama yang utama roda empat," ujar Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, ditemui usai memimpin apel pasukan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Senin (26/4/2021).

Menurutnya, keempat pos penyekatan ini berada di exit Tol Singosari, Pakis dan Lawang di utara. Sedangkan di Barat, lokasinya berada di Karangkates yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

Dijelaskan Hendri, teknisnya, setiap kendaraan beplat nomor luar daerah akan diminta putar balik. Hal ini juga berlaku di wilayah karesidenan ll mencakup Pasuruan Raya dan Kabupaten Probolinggo.

"Nanti setiap kendaraan yang itu berasal dari luar wilayah Malang raya, atau wilayah rayon Dua. Wilayah rayon dua itu wilayah dulu karesidenan Malang yang  terdiri dari wilayah Malang raya, Pasuruan kota, Kabupaten Pasuruan, ditambah Probolinggo. Kendaraan yang berasal dari luar daerah itu yang tujuannya mudik, akan kita putar balik lagi. Akan kita kembalikan tujuan asalnya," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tes rapid antigen di tiap pos penyekatan. Agar pemudik yang nekat masuk wilayah Malabg dapat segera dilakukan tes di pos penyekatan.

"Bagi masyarakat yang membandel, memaksakan mudik nanti akan kita laksanakan rapid tes antigen di sana. Dan dari rapid tes Antigen, apabila nanti dinyatakan reaktif, nanti akan kita isolasi. Selama 5 x 24 jam. setelah yang bersangkutan dinyatakan reaktif," imbuhnya.

Ditambahkan Hendri, tempat isolasi juga telah disiapkan di posko penyekatan. Nantinya, sejumlah titik yang berdekatan itu difungsikan sebagai tempat isolasi untuk pemudik selama 5 hari.

"Baru nanti setelah selesai, baru dilaksanakan rapid tes antigen kembali. Apabila masih reaktif, mereka lanjutkan kembali. Kalau Tidak, kita kembalikan untuk segera menuju rumahnya masing-masing," tutupnya.

Terakhir, Hendri menyiapkan tim pengamanan di tiap posko berasal dari gabungan personil kepolisian, TNI, dinas perhubungan, Satpol PP, dinas kesehatan, dan organisasi kepemudaan, yang bakal memback-up pengamanan pos.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polres Malang Siapkan Empat Pos Utama Penyekatan Mudik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT