Sabtu, 29 Januari 2022
Kriminal

Polsek Semboro Jember Bekuk Pelaku Spesialis Penggelapan Mobil Rental

profile
Rochul

25 April 2021 03:48

442 dilihat
Polsek Semboro Jember Bekuk Pelaku Spesialis Penggelapan Mobil Rental
Tim Anaconda Polsek Semboro saat mengamankan pelaku

JEMBER - Pria pelaku penggelapan mobil rental berhasil dibekuk Polsek Semboro. Pelaku berinisial SIY (43) warga Dusun Pucuan, Desa Sidomulyo, Semboro, Jember, pada Jumat (23/4/2021). 

Kapolsek Semboro AKP Fatchur Rachman membenarkan bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan pelaku beserta sejumlah barang bukti. Dimana pelaku menggelapkan dua unit mobil yang disewanya, diantaranya 1 unit Mobil Calya keluaran tahun 2018 milik Adi Priyanto, dan 1 unit mobil Calya milik Sunaryo, kedua korban warga Dusun Rowotengu, Desa Sidomulyo, Semboro, Jember yang disewanya pada Feburari lalu.

 

“Awalnya korban mendatangi kedua tersangka untuk rental mobil selama satu bulan dengan perjanjian sewa per harinya 200 ribu. Namun sampai batas waktu yang disepakati, pelaku tidak membayar jasa sewanya, justru pelaku menggadaikan mobil tersebut ke warga Desa Tunjung Randuagung, Lumajang senilai Rp 20 juta,” ujar Fatchur Rahman. 

Disebutkan Fatchur, aksi pelaku tidak hanya sekali saja. Pada 8 April 2021 kembali mendatangi korbanya Sunaryo, hendak menyewa mobil lagi selama satu hari. 

Namun dengan modus yang sama pelaku tidak mengembalikan mobil rentalan tersebut, tapi menggadaikannya ke warga Kelurahan Kebonsari Jember senilai Rp 20 juta.

“Saat ini penggadai dari Kebonsari dengan inisial TR kami tetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang, red), korban atas nama Sunaryo sendiri diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 140 juta,” bebernya.

Pelaku sendiri usai menggadaikan mobil rental tersebut, melarikan diri ke Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Namun berkat kerja keras jajaran Polsek Semboro setelah menerima laporan dari korban, pelaku berhasil dibekuk.

“Atas dasar laporan tersebut unit reskrim Tim Anaconda Polsek Semboro melakukan penyelidikan dan penyidikan. Pelaku akhirnya dapat ditangkap berikut barang buktinya pada hari Jumat tanggal 23 April 2021, pukul 01.00 WIB diwilayah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelaku saat ini sudah ditahan oleh pihak kepolisian sektor semboro dengan dikenai perkara Tindak Pidana penipuan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP.

“Kami berpesan kepada seluruh Masyarakat harus tetap berhati-hati dan waspada dalam menjaga barang-barangnya yang berharga,” tukasnya. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polsek Semboro Jember Bekuk Pelaku Spesialis Penggelapan Mobil Rental

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT