Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

PPKM Darurat Diterapkan, Pemkot Batu Siapkan Bantuan Imbas Penutupan Tempat Wisata

profile
Avirista

03 Juli 2021 18:10

972 dilihat
PPKM Darurat Diterapkan, Pemkot Batu Siapkan Bantuan Imbas Penutupan Tempat Wisata
Forkopimda Kota Batu meninjau penutupan objek wisata

KOTA BATU –  Pemberlakuan PPKM darurat di Kota Batu membuat tempat wisata terpaksa ditutup. Hal ini membuat Pemkot Batu menyiapkan skema bantuan sosial (bansos) ke para pelaku wisata yang terdampak langsung adanya PPKM darurat sejak Sabtu (3/7/2021`) hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, skema bantuan telah disiapkan ke para pelaku wisata yang terdampak penutupan tempat wisata imbas PPKM darurat. Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas – dinas terkait, mulai dinas pariwisata, dinas koperasi, perindustrian, dan perdagangan untuk melakukan pendataan.

“Itu untuk mendata siapa - siapa saja yang berhak, dan itu ada kriterianya, sehingga ketika itu data itu sudah ada, hal itu akan ada proses, nanti bagaimana cara mendistribusikannya,” ucap Dewanti Rumpoko ditemui di Jatim Park II, pada Sabtu siang (3/7/2021).

Namun Dewanti masih belum menyebut berapa nominal yang akan diberikan. Mengingat nominal ini masih perlu dibahas lebih lanjut, apalagi aturan PPKM darurat ini baru saja turun, pada Jumat malam 2 Juli 2021.

“Masih ada perbaikan lagi, sehingga ketika instruksi itu turun, baru kemudian kita menyiapkan segala sesuatunya. Sehingga ketika hari ini dieksekusi tentu saja fasilitas itu belum langsung bisa kita berikan, karena masih ada proses,” terangnya.

Ia menambahkan bakal memastikan bantuan ke pelaku wisata – pelaku di Kota Batu, tepat sasaran dan dilakukan verifikasi terlebih dahulu. Nantinya penerima kucuran dana bantuan terdampak PPKM darurat, langsung didistribusikan ke rekening masing – masing penerima.

“Kapannya tergantung proses pendataannya yang kemudian verifikasinya yang jelas kita tidak boleh memberikan secara langsung, tetapi ke rekening yang bersangkutan, sehingga ini tentu saja ada proses waktu untuk bisa merealisasikannya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat telah memutuskan untuk melaksanakan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 dalam upaya untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia. Ada beberapa ketentuan penting dalam penerapan PPKM Darurat tersebut.

Beberapa ketentuan yang dikeluarkan adalah pengetatan kewajiban bekerja dari rumah, untuk semua pekerja sektor non-esensial, dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Bagi sektor esensial, maksimal 50 persen staff yang bekerja di kantor, dengan melakukan protokol kesehatan secara ketat, dan 100 persen bagi sektor kritikal.

Pemerintah mengizinkan supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan swalayan untuk beroperasi hingga pukul 20.00 WIB, dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Untuk apotek, diperbolehkan untuk beroperasi selama 24 jam.

Namun, pemerintah memutuskan agar pusat perbelanjaan, serta pusat perdagangan lain, termasuk kawasan wisata, ditutup selama penerapan PPKM Darurat tersebut.

Tags
Anda Sedang Membaca:

PPKM Darurat Diterapkan, Pemkot Batu Siapkan Bantuan Imbas Penutupan Tempat Wisata

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT