Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

PPKM Darurat Diterapkan, Solusi Atas Protes Warga Setempat Imbas Penutupan Jalan

profile
Doi

11 Juli 2021 18:14

166 dilihat
PPKM Darurat Diterapkan, Solusi Atas Protes Warga Setempat Imbas Penutupan Jalan
Mobil kebutuhan pangan tak bisa melintasi penutupan jalan imbas PPKM darurat di Kota Batu

KOTA BATU – Setelah diwarnai protes warga terkait penutupan jalan di Kota Batu imbas PPKM darurat, akhirnya pemerintah desa dan kepolisian mengambil sikap. Pemerintah Desa Mojorejo (Pemdes) berkoordinasi dengan Polsek Junrejo Kota Batu untuk melakukan skema di jalan alternatif yang menghubungkan Malang dan Kota Batu, tepatnya di Dusun Kajang, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. 

Kapolsek Junrejo AKP Diana Pujiastuti mengatakan, berdasarkan evaluasi akhirnya penutupan jalan ini menggunakan sistem buka tutup, dengan hanya kendaraan roda dua dan kendaraannya lainnya dengan sejumlah syarat tertentu. Sebab jika semua jenis kendaraan boleh melintas jalur alternatif tersebut, maka dikhawatirkan justru akan menimbulkan kemacetan di jalur utama Jalan Moh Hatta.

"Hanya untuk warga Desa Mojorejo saja boleh melintas, asalkan menggunakan roda dua. Kalau semua jenis kendaraan boleh masuk, buntut rangkaian akan menimbulkan kemacetan hingga simpang tiga Pendem," ucapnya saat dikonfirmasi suarajatimpost, pada Minggu (11/7/2021). 

Selain hanya kendaraan roda dua yang diperbolehkan, lanjut Diana, masyarakat Desa Mojorejo wajib menunjukkan KTP asli dan syarat lainnya.

"Silakan jika merasa sebagai masyarakat setempat, tunjukkan identitas kependudukan dan surat keterangan swab antigen atau sertifikat vaksin. Jika tidak bisa menunjukkan, tetap harus putar balik melewati jalur Giripurno," tegas dia.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada pengendara dari luar Kota Batu, demi kesuksesan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, untuk tidak berupaya melintasi jalur tikus. 

"Semua aturan jelas berdasarkan PPKM. Masyarakat diimbau untuk work from home, sebisa mungkin tidak melakukan aktifitas di luar, kecuali terpaksa dan mendesak," ungkapnya.

Diana juga menyatakan sikap keberatan atas judul pemberitaan Suara Jatim Post. Pada pemberitaan sebelumnya, judul 'Penutupan Jalan Desa di Batu Imbas PPKM Darurat Memakan Korban' dianggap tidak beralasan.

"Bapak Kapolres kurang berkenan dengan kata 'korban'. Korban seperti apa? Aturan PPKM darurat sudah di pers release, jika memang ada yang kurang dipahami tolong konfirmasi lagi," tandas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

PPKM Darurat Diterapkan, Solusi Atas Protes Warga Setempat Imbas Penutupan Jalan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT