Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

PPKM Jilid 2, Dandim 0833 Malang Kota dapat Mandat Tekan Angka Covid-19

profile
Nayoko

31 Januari 2021 17:31

62 dilihat
PPKM Jilid 2, Dandim 0833 Malang Kota dapat Mandat Tekan Angka Covid-19
Dandim 0833 Letkol Letkol Arm Ferdian Primadona

KOTA MALANG - Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid dua di Malang raya memasuki pekan kedua. Upaya penegakan aturan PPKM ke masyarakat terus dipertegas dan dilakukan. 

Salah satu upayanya dengan melakukan koordinasi dan melaksanakan operasi penegakan kedisiplinan protokol kesehatan (Prokes) yang dimulai dengan apel pasukan gabungan pada Minggu (31/1/2021) dengan sejumlah personel dari TNI, kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP Malang di Lapangan Rampal. 

Apel yang dipimpin oleh Wali Kota Malang Sutiaji yang dihadiri jajaran Forkopimda mulai Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Komandan Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra, dan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar.

Apel yang digelar beranggotakan ratusan TNI Polri tersebut dilakukan di Lapangan Rampal Kota Malang. Dandim 0833/Kota Malang setelah melaksanakan apel tersebut menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan mandat dari Panglima TNI dan Pangdam terkait operasi PPKM jilid 2.

“Kami jajaran Kodim Se-Kodam V Brawijaya mendapatkan perintah. Mulai hari ini, kami melaksanakan operasi penegakan disiplin. Melibatkan unsur TNI-POLRI dengan Pemda dan ormas lainnya,” ujar pria dengan sapaan Ferdian hari ini Minggu (31/1/2021).

Mandat operasi yang dilakukannya merupakan upaya mendukung program PPKM Jilid 2. Harapan yang kini dipegangnya yaitu bisa membantu untuk menekan jumlah kasus Covid 19 di wilayah Malang terutama Kota Malang karena angka terkonfirmasi postif Covid 19 di Jawa Timur memang masih tinggi. Pelaksanaan operasi penegakan ini juga disesuai dengan kondisi program PPKM jilid 2 yang kini memasuki sepekan dilaksanakan.

“Operasi ini akan berjalan setiap hari sampai 8 Februari. Sehingga, kami berharap operasi ini dapat meningkatkan ketertiban. Juga kesadaran masyarakat di Malang Raya,” jelasnya.

Kedisiplinan masyarakat dan mengedukasi masyarakat akan bahayanya penularan Covid 19 adalah salah satu hal yang diharapkan dapat dilaksanakan dalam operasi penegakan kali ini. Tentu tujuan akhirnya adalah menekan angka kasus Covid 19 

“Kami melaksanakan patroli saat pagi, siang, sore dan malam hari. Sasarannya di titik-titik keramaian. Bisa di stasiun KA. Terminal bus atau pasar-pasar. Serta tempat kerumunan masyarakat,” tambahnya.

Ferdian juga menerangkan operasi penegakan aturan PPKM jilid 2 tersebut tidak jauh berbeda dengan operasi yustisi.

“Ini sifatnya memperkuat operasi-operasi yang sudah berjalan. Operasi yustisi tetap aktif. Hanya pembedanya operasi yustisi itu kan ada sanksi. Sementara operasi penegakan PPKM jilid 2 itu sifatnya mengingatkan sehingga bisa berbarengan dengan operasi yustisi juga,” katanya.

Untuk personel yang dikerahkan untuk sama dengan operasi yustisi karena di operasi penegakan akan lebih berfokus pada pemberian peringatan terhadap masyarakat agar lebih disiplin dalam masa PPKM jilid 2 ini. Dia menambahkan, bahawa operasi PPKM jilid 2 ini mendapat penguatan personel satuan tempur. Juga banpur dari jajaran Kodam V Brawijaya.

“Sehingga harapannya ada penguatan personel yang memudahkan kegiatan operasi,” tutupnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

PPKM Jilid 2, Dandim 0833 Malang Kota dapat Mandat Tekan Angka Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT