Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Nasional

PPPM Darurat, Pemilik SIM yang Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi

profile
Rochul

05 Juli 2021 21:52

169 dilihat
PPPM Darurat, Pemilik SIM yang Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi
Kasat Lantas Polres Jember AKP Jimmy Heryanto Manurung.

JEMBER - Masa PPKM darurat yang diterapkan pemerintah pusat, Korlantas Polri memberikan dispensasi untuk masyarakat yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya. hal ini karena kondisi sekarang bertepatan dengan pemberlakuan PPKM darurat yang dimulai pada tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. 

Kasatlantas Polres Jember AKP Jimmy Heryanto H Manurung, menyampaikan, bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021, dapat diperpanjang pada tanggal 21-27 Juli 2021.

"Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu tersebut akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru," Kata Kasatlantas Polres Jember AKP. Jimmy (2/7/2021).

Kasat Lantas juga menjelaskan, bahwa buat yang SIM yang masa berlakunya habis di tanggal 3-20 Juli, kompensasinya hanya bisa dilakukan pada 21-27 Juli.

"Apabila pemohon SIM tidak melalukan pengurusan perpanjangan, pada masa tenggang waktu tersebut maka, ppemohon SIM bisa melaksanakan proses pengurusan SIM dengan Proses mekanisme SIM baru, jadi jangan sampai kelewatan memperpanjang atau harus bikin SIM baru," ungkapnya.

Kendati demikian, bagi masyarakat yang hendak memperpanjang SIM juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jimmy berharap, dengan adanya dispensasi perpanjangan SIM selama masa pandemi ini PPKM Darurat, masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik.

Sebab, dari surat telegram Kapolri ada pembatasan 50 persen bagi warga yang hendak membuat atau memperpanjang SIM tersebut.

Sementara bagi wilayah zona merah ada pembatasan pemohon 25 persen dari jumlah kapasitas normal.

"Bahkan hari ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meneken Instruksi Mendagri PPKM Darurat di Jawa dan Bali," pungkasnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

PPPM Darurat, Pemilik SIM yang Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT