Sabtu, 22 Januari 2022
Pendidikan

Prof Suhartono Minta Ketua Senat Selesaikan Isu Plagiasi Jelang Pilrek UIN Malang

profile
Doi

21 April 2021 13:44

107 dilihat
Prof Suhartono Minta Ketua Senat Selesaikan Isu Plagiasi Jelang Pilrek UIN Malang
Suasana di Gedung Rektorat UIN Malang

MALANG – Salah satu calon rektor UIN Malang Prof. Suhartono mendesak Ketua Senat segera menyelesaikan persoalan isu plagiasi. Sebab dinilainya, ini bisa menjadi pelanggaran etika akademik dalam kontestasi Pilihan Rektor (Pilrek) UIN Malang. 

"Saya melihat bahwa ada sebagian yang kurang memahami soal pelanggaran etika akademik dalam plagiasi di Universitas ini. Pelanggaran plagiasi hanya dianggap melanggar Pidana Umum Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta," kata Suhartono, pada Rabu (21/5/2021). 

Padahal secara khusus (le specialis), lanjut dia, pelanggaran plagiasi sebagai pelanggaran etika akademik. 

"Pelanggaran ini diluar pidana umum, dimana pelanggaran plagiasi sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan secara teknis dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di perguruan Tinggi," imbuh dia

Dalam konteks Pilrek UIN saat ini, masih kata dia, Ketua Senat Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang harus fokus pada soal Pelanggaran Etika dan Moral Akademik tentang isu plagiasi pada Bakal Calon Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang periode tahun 2021-2025.

"Apalagi isu plagiasi ini sudah didukung dengan bukti-bukti materil dan penjelasan pihak terkait. Ketua Senat tidak mempunyai kewenangan memperdebatkan proses hukum pidana umum tentang plagiasi. Sudah diatur pada pasal 120 undang-undang Nomor 28 Tahun 2014, tentang Hak Cipta," tegasnya.

Ditambahkan Hartono, karena proses hukum pidana umum tentang plagiasi adalah kewenangan pihak kepolisian dan seterusnya.

“Maka ini bukan termasuk kewenangan Ketua Senat Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,” pungkasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Prof Suhartono Minta Ketua Senat Selesaikan Isu Plagiasi Jelang Pilrek UIN Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT