Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Prokes di Alun - Alun Batu Diperketat Buat 27 Warga Terjaring Razia

profile
Admin

03 Januari 2021 20:37

161 dilihat
Prokes di Alun - Alun Batu Diperketat Buat 27 Warga Terjaring Razia
Alun - Alun Kota Batu diperketat penerapan protokol kesehatannya
KOTA BATU – Sejumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) kembali dijumpai pada operasi yustisi di Alun - Alun Kota Batu. Hal ini terjadi setelah pembukaan aktivitas sejak ditutup pada malam pergantian tahun baru 2021.

Mayoritas pelanggar yang terjaring razia Satpol PP Kota Batu di Alun - Alun Kota Batu pada Minggu (3/1/2021), tidak menggunakan masker. 

Kasatpol PP M Nur Adhim menjelaskan, Sebanyak 27 orang itu dinyatakan melanggar Perwalikota Batu nomor 78 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum penerapan protokol kesehatan.

"Pelanggaran lebih banyak didominasi pengunjung menggunakan masker namun tidak benar pemakaiannya. Sisanya, pengunjung yang tidak memakai masker," tegasnya. 

Operasi yang berlangsung secara acak tersebut, lanjut Adhim, memberikan sanksi push up atau menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan melafalkan Pancasila. "Hukumannya kita beri sanksi moral, seperti push up ditengah keramaian dan menyanyikan lagu nasional," katanya.

Terpisah, Staff Informasi Alun-alun Batu Sukri mengatakan, dibukanya kembali Alun-alun Batu, juga diterapkan sistem yang berbeda dari biasanya. Pengelola memberlakukan batas maksimal 200 orang. Pasalnya, batas kunjungan di high season ini hanya diberikan kuota sebanyak 200 pengunjung. Sehingga jika kuota terpenuhi maka Alun-alun akan ditutup sementara.

"Dibandingkan sebelum pandemi covid-19 menurun. Kalau untuk kunjungan saat ini sudah mencapai sekitar 800 pengunjung. Sebelum pandemi biasanya sampai 5000 wisatawan. Jam operasional taman pusat Kota ini juga hanya dibatasi sampai 22.00 WIB saja. Sirkulasi keluar masuk wisatawan akan disesuaikan jumlahnya," tukas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Prokes di Alun - Alun Batu Diperketat Buat 27 Warga Terjaring Razia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT