Kamis, 27 Januari 2022
Ekonomi

Pulihkan Ekonomi Bersama Sinando

profile
achmad fuad

09 Juni 2021 14:50

48 dilihat
Pulihkan Ekonomi Bersama Sinando

LUMAJANG - Dalam upaya dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Lumajang, Pemerintah Desa Labruk Lor menggelar kegiatan program Sinau Nang Ndeso (Sinando) bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Lumajang, pagi tadi di .

Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Labruk Lor, Abdullah, usai acara pembukaan acara kepada awak media ini.

"Kami hanya memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memiliki Industri Kecil Menengah (IKM) yang diberikan pelatihan dan sosialisasi," terangnya.

Paling tidak, ke depan kata Abdullah, BUMDes yang ada produknya minimal bisa dirasakan oleh masyarakat setempat, sehingga masyarakat menikmati hasil BUMDes.

"Desa ada kemajuan paling tidak BUMDes itu sendiri harus berani menentukan arah kebijakan kegiatan sehingga menambah SHU-nya," tambahnya.

Pelatihan di Sinando banyak sekali kegiatannya. Ada pelatihan terkait dengan Barista, Batik, Sablon atau lainnya.

Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari program Sinando oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB). 

Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Propinsi Jawa Timur, Susanti, menerangkan juga bahwa Pemerintah Propinsi (Pemprov) Jawa Timur memfasilitasi masyarakat untuk mengenalkan legalitas produk melalui beberapa sertifikasi, seperti sertifikasi halal, BPOM atau PIRT.

"Dengan harapan produknya lebih banyak di kenal oleh konsumen," ungkapnya.

Susanti juga menjelaskan kalau pihaknya bekerjasama dengan universitas Brawijaya untuk membantu masyarakat pengembangan ekonomi pedesaan.

"Semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan menjalin keharmonisan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dengan Sinando," paparnya.

Dikatakan tenaga kepelatihan DPMDes, Endang Pujiastuti, dihadapan peserta mengatakan kalau masih ada sekitar 1800 sasaran untuk program Sinando ini. Namun pihaknya masih melaksanakan sasaran yang ke 225.

"Kami masih melaksanakan 225 sasaran untuk di Kabupaten Lumajang ini," ujar warga Kondanglegi, Kabupaten Malang ini.

Bersama peserta, Endang dengan semangat memberikan pelatihan olahan pepaya yang nanti dilanjutkan dengan pelatihan Pemasaran Online keesokan harinya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pulihkan Ekonomi Bersama Sinando

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT