Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

Puluhan Laskar Merah Putih Padati Gedung DPRD Kota Probolinggo

profile
ibnu

22 November 2021 17:39

41 dilihat
Puluhan Laskar Merah Putih Padati Gedung DPRD Kota Probolinggo
Protes : Puluhan Laskar Merah Putih padati gedung DPRD Kota Probolinggo, Senin (22/11/2021)

PROBOLINGGO - Puluhan pasukan Laskar Merah Putih (LMP) memadati gedung DPRD Kota Probolinggo, Senin (22/11/2021), mereka melakukan protes adanya kejanggalan dalam pelaksanaan mega proyek pembangunan rumah sakit baru Kota Probolinggo.

Sebanyak 30 orang melakukan demonstrasi sekitar pukul 09.30 WIB, laskar berseragam loreng itu memulai aksi dengan membagikan masker kepada pelintas jalan. Kemudian dilanjutkan dengan orasi di depan gedung DPRD Kota Probolinggo.

Selanjutnya, LMP diminta  perwakilan 5 orang untuk audiensi dengan pimpinan DPRD untuk menyampaikan aspirasinya.

Saat tiba di aula DPRD, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin datang bersama Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa'adi dan ikut mendengarkan tuntutan dari LMP.

Ahmad Sumedi selalu koordinator aksi menyampaikan tuntutan diantaranya, adalah bentuk protes terhadap DPRD dan pemerintah Kota Probolinggo dengan ditemukannya dokumen lelang yang di duga copy paste.

"Dalam dokumen lelang sebagai acuan dasar berjalannya proyek pembangunan rumas sakit baru ada kesalahan, ada nama Tanjung Selor Kalimantan Utara sebanyak 20 halaman," ujarnya.

Mendapati temuan tersebut, Sumedi meminta kepada DPRD untuk membuatkan surat rekomendasi agar dilakukan tender ulang, namun DPRD menolak, sebab saat ini pembangunan rumah sakit baru telah memasuki tahap sanggah.

"Fungsi pengawasan sudah semaksimal mungkin kami lakukan, mengenai bagaimana kelanjutan pembangunan rumah sakit baru itu ada di pihak eksekutif," timpal ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib.

Sumedi juga menemukan bukti dari sebuah website dari salah satu perusahan yang isinya sama persis dengan dokumen lelang milik Kota Probolinggo, namun setelah di korscek ternyata websitenya sudah terblokir.

"Dengan ini kami menduga sangat disengaja untuk menghilangkan barang bukti," jelas Sumedi di hadapan Wali Kota.

Perwakilan LMP audiensi di aula DPRD Kota Probolinggo.

Disisi lain Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto menjelaskan bahwa temuan berkas lelang yang terdapat copy paste adalah kesalahan fatal, dan apabila dilanjutkan maka DPRD sebagai fungsi pengawasan tidak akan bertanggung jawab.

"Kalau dasarnya saja sudah salah ya kedepannya salah, maka jangan diteruskan, tapi apabila tetap dilaksanakan maka kami tidak akan bertanggung jawab," ujar Agus.

Sementara itu Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada LMP yang telah menyampaikan aspirasinya, namun mengenai kelanjutan proyek pembangunan rumah sakit baru pemerintah tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Saat ini sudah ada tim pendamping yang menangani itu yakni pihak Manajemen Kontruksi dan Kejaksaan, kalau mereka melanjutkan ya lanjut kalau tidak ya tidak," ujarnya singkat. (mu)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Puluhan Laskar Merah Putih Padati Gedung DPRD Kota Probolinggo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT