Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Puting Beliung

profile
Admin

26 Oktober 2020 18:06

159 dilihat
Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Puting Beliung
Dampak kerusakan akibat angin puting beliung di Mojokerto

MOJOKERTO - Puluhan rumah di Kabupaten Mojokerto rusak akibat terjangan angin puting beliung. Angin puting beliung menerjang saat hujan deras yang mengguyur kawasan Mojokerto dan sekitarnya pada Senin sore (26/10/2020). 

Dua desa yang terdampak kerusakan akibat angin puting beliung yakni Desa Sampanggunung dan Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Di Desa Sampanggunung misalnya, 25 rumah warga rusak parah diterjang angin. Selain rumah sejumlah fasilitas umum, seperti balai desa, pos kamling, hingga klinik tak luput dari terjangan angin puting beliung. 

Kepala Desa Sampangagung Ikhwan mengatakan, kejadian tersebut terjadi pukul 14.00 WIB. Saat itu hujan disertai angin menerjang desanya. 

"Tadi saya pas di balai desa, tiba-tiba mendung dan hujan serta angin," ungkapnya.

Tak berselang lama, beberapa kursi antri dan rumah warga yang letaknya di depan balai desa juga rusak. "Kursi balai desa juga porak poranda,  papan reklame juga ada yang jatuh," tambahnya.

Ia menambahkan total ada sebanyak 25 rumah yang terdampak kerusakan akibat anging puting beliung tersebut. "Kalau yang parah ya ada 15 rumah, ditambah ada juga fasilitas umum juga," terangnya.

Dirinya berharap agar pemerintah kabupaten dapat memberikan alokasi bantuan terhadap beberapa pemilik rumah yang rusak.

"Kalau kerugiannya bisa mencapai Rp 150 juta untuk renovasi," pungkasnya.

Sementara itu, Salah satu pemilik rumah yang rusak bernama Rohman menuturkan, saat itu dirinya sedang di dalam rumah, tiba tiba terdengar suara keras dari depan rumahnya.

"Saya tadi keluar rumah bersama anak saya, alhamdulillah tidak ada yang tertimpa," ungkapnya.

Ia menambahkan, hanya bagian depan  rumahnya saja yang ambruk dan satu pohon tumbang. "Ya bagian depan ini saja, rusak parah," tukasnya.

Petugas PLN dan relawan yang datang langsung melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang dan kabel yang putus. Tampak sejumlah ranting pohon menutup akses jalan hingga menimpa rumah warga. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Puting Beliung

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT