Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Puluhan Sawah di Jember Berubah Jadi Danau, Petani Padi Merugi

profile
Rochul

25 Februari 2021 10:28

72 dilihat
Puluhan Sawah di Jember Berubah Jadi Danau, Petani Padi Merugi
Ahmad Saat Menunjukan Sawah Miliknya Yang Rusak Akibat Banjir.

JEMBER,- Puluhan Hektar Sawah yang berada di Desa Wringintelu, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember hingga Kamis, (25/2/2021) pagi masih terendam banjir.

Hal itu akibat hujan deras dan melubernya sungai Lengkong tersebut petani merugi hingga Jutaan rupiah.

Menurut Ahmad, petani pemilik sawah di kawasan tersebut dirinya mengatakan jika memang dikawasan tersebut menjadi langganan banjir setiap tahunnya, dan lokasi banjir juga berbatasan langsung dengan kecamatan Umbulsari.

"Sekarang waktu tanam padi.,ini punya saya beberapa hektar mati ludes semua dan bisa dilihat jika sawah telah berubah jadi danau dan ini sering terjadi,” keluhnya.

Ahmad juga menerangkan dan meminta agar di sepanjang jalan diberikan drainase sendiri karena itu menurutnya adalah solusi tepat agar banjir dari Pendangkalan sungai Lengkong yang melewati beberapa kecamatan tidak terus menjadi masalah bagi masyarakat terutama bagi para petani.

Hal keluh kesah juga disampaikan petani lain bernama Misbahun., dirinya juga jadi korban akibat luapan sungai dan hingga saat ini tidak bisa bercocok tanam lagi.

"Sudah hampir 3 hari banjir ini.,sebelumnya juga pernah banjir dan akhirnya surut kita tanami.namun tiba tiba banjir lagi.Mungkin nanti saya pribadi tidak menanam lagi di sawah sini karena pasti merugi" ucapnya.

Sementara itu di lokasi sawah tergenang memang terlihat sangat luas sekali dan ketinggian air diperkirakan kisaran 40-50 Centi meter dan sudah mendekati jalan raya desa poros utama yang menghubungkan desa Tanjungsari dan desa Wringintelu.(Lum

Tags
Anda Sedang Membaca:

Puluhan Sawah di Jember Berubah Jadi Danau, Petani Padi Merugi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT