Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Ranperda Permainan Layang - Layang Didorong Legislator Kabupaten Banyuwangi

profile
Admin

11 Januari 2021 18:54

79 dilihat
Ranperda Permainan Layang - Layang Didorong Legislator Kabupaten Banyuwangi
Ilustrasi bermain layang - layang (istimewa)
BANYUWANGI- Rancangan peraturan daerah (Raperda) permainan layang - layang sedang digodok DPRD Kabupaten Banyuwangi. Hal ini diakui oleh salah satu anggota DPRD Banyuwangi, Limpad Prawiro Dikdo, yang mendorongnya melakukan sejumlah terobosan untuk diterbitkannya Perda tentang permainan layang-layang.

Dirinya juga sudah melakukan pengajuan Raperda inisiatif yang mengatur tentang layang-layang dan selesai dipresentasikan.

Menurutnya tujuan diperlukannya perda itu agar masyarakat tertib dalam bermain layangan dan tidak meresahkan warga sekitar. Karena dari hasil temuannya, melihat sejumlah permasalahan yang diakibatkan dari permainan layang-layang terbilang banyak.

Mulai dari keluhan pihak PLN yang mana jaringan listriknya sering terganggu akibat layang-layang. Juga keluhan dari petani karena tanamannya banyak yang rusak akibat permainan tersebut.

"Jadi perlu adanya Perda khusus terkait pengaturan bermain layang-layang ditempat-tempat tertentu. Misalkan di area kota dan area persawahan yg masih proses tanam," ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (11/1/2021).

Limpad melanjutkan, namun upaya yang dilakukan tidak berjalan dengan mulus. Raperda yang diajukan belum bisa sepenuhnya diterima.

"Tapi teman-teman Propemperda (program pembentukan peraturan daerah) berpandangan lain. Bahwa terkait layang-layang ini sebaiknya digabung dengan Perda ketertiban umum. Sehingga mereka belum bisa meloloskan Raperda yang saya ajukan," tuturnya. 

Ia juga menyampaikan, padahal sebelumnya dirinya sudah beberapa kali melakukan diskusi dengan pihak PLN. Berdasarkan data PLN, sudah ratusan kali terjadi pemadaman karena benang ataupun layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik PLN.

"Selain itu, saya beberapa kali survei ke bawah yaitu petani dan pengguna jalan yang terganggu adanya anak-anak atau para remaja yang bermain layang-layang di jalan. Ataupun di lahan pertanian sehingga merusak tanaman mereka. Belum lagi sering terjadi orang yang terluka atau mati karena terkena benang layangan," bebernya.

Dirinya berharap, meski Raperda yang diajukan digabung dengan Perda ketertiban umum, tetap bisa bermanfaat untuk masyarakat pada umumnya.

"Saya berharap walaupun terkait layang-layang ini digabung di Perda ketertiban umum tapi bisa efektif. Agar orang-orang yang bermain layang-layang bisa tertib sesuai aturan," tandasnya. WAN

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ranperda Permainan Layang - Layang Didorong Legislator Kabupaten Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT