Rabu, 19 Januari 2022
Ekonomi

Ratusan Pasar Ramadan di Banyuwangi Diadakan Serentak untuk Pemulihan Ekonomi

profile
Ikhwan

13 April 2021 21:55

147 dilihat
Ratusan Pasar Ramadan di Banyuwangi Diadakan Serentak untuk Pemulihan Ekonomi

BANYUWANGI - Ratusan pasar ramadan diselenggarakan serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Dimana pasar tersebut merupakan inovasi guna memulihkan perekonomian masyarakat selama bulan suci ramadan ini.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Nanin Oktaviantie menyampaikan dalam menyambut bulan ramadan ini sedikitnya ada 102 titik pasar ramadan yang diselenggarakan di 25 Kecamatan.

"Saat ini saja di Kecamatan Banyuwangi itu ada 7 titik pasar ramadan. Di jalan Brigjen Katamso ini saja ada 64 pelaku UMKM yang menggelar dagangannya," katan Nanin (12/4/2021)

Masih Nanin, inovasi pasar ramadan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati Banyuwangi. Dimana pada saat itu bupati meminta agar memberikan ruang dan peluang bagi masyarakat untuk bisa mengais rezeki di bulan Ramadan ini.

"Sehingga kemudian sebelum bulan ramadan kami berkirim surat kepada teman-teman yang berada di kecamatan untuk mengirimkan data potensi-potensi lokal yang dimiliki. Alhamdulillah itu sudah terlaksana hingga mencapai ratusan," imbuhnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan harapannya mampu memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat. Karena memang kata Ipuk, dimomen pandemi ini semua serba sulit. Tidak hanya berdampak bagi kesehatan saja akan tetapi berdampak besar pula pada setiap sendi kehidupan.

"Disatu sisi kita tidak boleh melakukan kegiatan yang berkerumun tetapi disatu sisi kita pemerintah daerah harus berinovasi untuk membangkitkan perekonomian. Disatu sisi kita dilarang konsumtif akan tetapi untuk menghidupi UMKM ini kita harus meningkatkan daya beli konsumen.

Bila diibaratkan, kata Ipuk, semacam mengendarai kendaraan bermotor kapan saatnya kita tancap gas dan tau kapan saatnya mengendalikan rem.

"Jadi kita juga harus paham kapan kita harus membantu dan mendukung teman-teman UMKM tapi disatu sisi kita juga harus menahan agar tidak terlalu konsumtif agar nanti inflasinya juga tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Mengingat kegiatan ini masih dalam momen pandemi Covid-19 ipuk menginstruksikan bila protol kesehatan menjadi prioritas utama. Sehingga klaster-klaster baru tidak sampai terjadi.

"Seperti di kecamatan kota ini sudah ada satuan pengawal covid-19. Jadi semisal ada yang berkerumun nanti langsung ada yang menindak," tutupnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ratusan Pasar Ramadan di Banyuwangi Diadakan Serentak untuk Pemulihan Ekonomi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT