Minggu, 23 Januari 2022
Kesehatan

Satu Lokasi dengan Rusunawa Covid-19, Pemdes Kedungpedaringan Tekankan Prokes ke Warga

profile
Senopati

04 Maret 2021 22:25

36 dilihat
Satu Lokasi dengan Rusunawa Covid-19, Pemdes Kedungpedaringan Tekankan Prokes ke Warga
Operasi penegakan protokol kesehatan di Desa Kedungpedaringan Kepanjen

MALANG – Berlokasi satu daerah dengan Rusunawa sebagai tempat isolasi warga membuat desa ini rawan terpapar Covid-19. Ya, lokasi Desa Desa Kedungpedaringan, Kepanjen, Kabupaten Malang, memang menjadi daerah yang jadi perhatian lantaran adanya Rusunawa.

Menurut Kepala Desa Kedung Pedaringan Kepanjen Malang, Suhartono, pelaksanaan PPKM mikro di wilayahnya, a kesadaran masyarakat dalam menjalankan 3M serta ptotokol kesehatan secara ketat karena wilayah Kedungpedaringan, rawan akan paparan Covid-19.

"Kenapa wilayah kami rawan terpapar Covid 19, karena adanya Rusunawa yang di pakai untuk isolasi warga masyarakat Kabupaten Malang yang terpapar covid 19," kata Suhartono, saat ditemui usai gelar operasi yustisi di Desanya, Kamis Siang (4/3/2021).

Selain itu, lanjut Suhartono, maraknya mobilisasi ambulans yang ke luar masuk rusunawa membuat pihak desa bersama babinsa dan bhabinkamtibmas selalu menekankan protokol kesehatan (Prokes) ketat ke warganya.

"Pihaknya menyadari berdekatannya Rusunawa dengan hunian penduduk membuat pihaknya selalu menekankan prokes ketat dan menerapkan 3M," terang Suhartono.

Saat dilakukan operasi yustisi tadi siang, perangkat Desa Kedung Pedaringan tidak memberi tahu warga kalau di adakan operasi. "Tujuannya apa, biar mereka sadar dengan sendirinya untuk apa memakai masker, serta apabila ada yang terjaring biar di jadikan efek jera untuk tidak melakukan kesalahan lagi," jelas Suhartono.

Suhartono menambahkan, selain operasi yustisi, untuk mrmutus mata rantai penyebaran Covid 19, pihaknya mendirikan posko Covid-19 di setiap RT dan RW agar bisa memantau apabila ada warga terpapar Covid 19.

"Kami juga mendirikan posko Covid 19, rumah isolasi, persedian bahan pangan dan ruang kesehatan yang tujuannya apabila ada warga kami yang terpapar segera tertangani dengan baik," bebernya.

Beruntung saat penerapan PPKM mikro, Desa Kedungpedaringan menjadi yang pertama di Kecamatan Kepanjen berada di zona hijau. "Beberapa waktu lalu saat di mulainya PPKM mikro, Desanya menerima bendera hijau dari Bupati Malang yang di saksikan Forkompimda Kabupaten Malang," tuturnya.

Sebelumnya, Desa Kedungpedaringan ada 6 yang terpapar di bulan Januari kemaren, serta ada kasus lain yang meninggal 2 orang dalam dua hari terpapar Covid-19. "Alhamdulillah 6 warga kami yang terpapar Covid-19 telah sembuh, dan sudah mulai beraktivitas, untuk kasus yang meninggal ada 2 orang terjadi tahun 2020 kemarin, yang katanya punya penyakit bawaan dibawa ke rumah sakit satu hari kemudian meninggal," tutupnya. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Satu Lokasi dengan Rusunawa Covid-19, Pemdes Kedungpedaringan Tekankan Prokes ke Warga

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT