Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Satu Wisatawan asal Mojokerto Reaktif Covid-19 Saat Dites di Pospam Malang

profile
Admin

24 Desember 2020 18:55

4.4k dilihat
Satu Wisatawan asal Mojokerto Reaktif Covid-19 Saat Dites di Pospam Malang
Pelaksanaan rapid test antigen ke wisatawan di Kota Malang

KOTA MALANG - Belasan wisatawan yang tiba di Kota Malang dilakukan rapid test antibodi untuk memastikan kesehatan mereka. Rapid test ini dilakukan di pos pengamanan di Graha Kencana yang merupakan pintu masuk Kota Malang dari sisi utara.

Sasaran rapid test yakni kendaraan bermotor roda empat yang berasal dari luar Malang. Tampak beberapa mobil luar Malang dihentikan petugas untuk dilakukan pengetesan rapid antibodi pada Kamis (24/12/2020) siang.

Rapid test ini dilakukan dari petugas Labkesda Dinas Kesehatan Kota Malang, sementara petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan mengatur lalu lintas agar tak terjadi kemacetan.

Petugas Labkesda Dinas Kesehatan Kota Malang Sukardi mengungkapkan, ada 19 wisatawan dari luar Malang yang diambil tes rapid antibodinya.

"Hari ini kita rapid antibodi sebanyak 19 orang, sasarannya mobil dengan plat luar Malang. Karena masih ujicoba kita ambil ada 19 orang itu," ujar Sukardi ditemui di Pos Pengamanan Graha Kencana, Kelurahan Balearjosari, Malang.

Dari 19 orang itu lanjut Sukardi, satu orang dari Mojokerto dinyatakan reaktif rapid test. Alhasil petugas sempat mencari satu orang tersebut yang ternyata sudah memasuki tempat wisata Hawai Waterpark.

"Ada satu orang yang reaktif dari 19 orang itu yang kita rapid antibodi, kita lanjutkan rapid antigen lagi," imbuhnya.

Selain satu orang yang di-rapid test antigen, lima orang lainnya yang juga satu rombongan turut dilakukan pengetesan rapid test antigen.

"Jadi kebetulan yang reaktif hari ini dari Mojokerto, rombongannya ada 5 orang kita rapid antigen semuanya juga," tambahnya.

"Jika hasilnya ternyata kita berharap antigen negatif Alhamdulillah, (kalau positif) nanti dikembalikan ke daerahnya. Ada kontak personnya kita sudah menghubungi puskesmas terdekat di sana. Kita sudah punya jejaring," jelasnya.

Rencananya di pos pengamanan Graha Kencana sendiri telah disiapkan alat rapid test antibodi dalam jumlah yang tidak terbatas. Alat rapid test itu sesuai didatangkan sesuai dengan instruksi Wali Kota Malang Sutiaji melalui surat edaran nomor 34 tahun 2020.

"Banyak sekali (jumlahnya), dari pak wali sudah nyampaikan jumlahnya unlimited, kalau datang ke sini kita bawa 200, kurang kita tinggal ngambil aja jadi sesuai kebutuhan saja," tukasnya.

Malang raya memang menjadi satu perhatian di libur natal dan tahun baru kali, banyaknya wisatawan yang berkunjung berpotensi menambah kasus COVID-19. Apalagi tiga daerah di Malang Raya kembali mengalami kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19. (Ris) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Satu Wisatawan asal Mojokerto Reaktif Covid-19 Saat Dites di Pospam Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT