Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Satuan Gultor Yonif Raider 514 Laksanakan Pembebasan Tawanan di Kantor Bupati Banyuwangi

profile
Admin

19 Desember 2020 13:21

357 dilihat
Satuan Gultor Yonif Raider 514 Laksanakan Pembebasan Tawanan di Kantor Bupati Banyuwangi
Simulasi pembebasan tawanan dengan tema Bupati Banyuwangi yang tengah disandra oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kantor Pemda Banyuwangi. Sabtu (19/12/2020).

BANYUWANGI - Satuan Gultor Yonif Raider 514/Sabaddha Yudha dibawah naungan Brigif Raider 9 Kostrad  diterjunkan dalam aksi pembebasan tawanan dikantor Bupati Banyuwangi, Sabtu (19/12/2020).

Diketahui, peristiwa penyanderaan terjadi akibat terkikisnya pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada  kasus kriminalitas di kalangan masyarakat dan mengancam keamanan wilayah Banyuwangi.

Imbasnya, para kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan aksi-aksi anarkis, sehingga menimbulkan keresahan dan kekerasan masyarakat, sehingga menculik Bupati Bayuwangi, menyandera, serta mengancam keselamatan pejabat pemerintah.

Dalam situasi yang genting itu, Komandan Brigade Infanteri Raider 9 Kolonel Inf A. Yoyok pranowo memerintahkan Mayor Inf Sumardi Danyonif Raider 514/SY Kostrad  untuk melaksanakan operasi pembebasan Tawanan yang dilakukan KKB di Kantor Bupati Bayuwangi.

Pasukan Gultor Yonif Raider 514 Kostrad melaksanakan pendadakan guna menggempur masuk ke dalam daerah kawasan yang tengah di kuasai oleh KKB dengan cara Sporadis.

Tim udara dan darat bergerak ke Kantor Bupati secara serentak. Saat tiba di lokasi kejadian, tim darat langsung melaksanakan serbuan dengan cepat ke sasaran.


Terjadi baku tembak antara tim darat dan KKB saat aksi penyelematan sandera. Hasilnya, anggota KKB yang berada di pos jaga tewas akibat tembakan terukur dari pasukan Raider 514/SY Kostrad.

Tak butuh waktu lama personil yang diterjunkan berhasil menyelamatkan sandera dan kemudian mengevakuasinya ke tempat aman.

Usai berhasil melumpuhkan musuh, sejumlah prajurit dengan cepat masuk ke dalam gedung untuk membebaskan sandera. Sementara pasukan udara yang tiba dengan menggunakan helikopter bertugas mengamankan area luar gedung.

Untuk diketahui, aksi tersebut bukanlah kejadian sebenarnya, melainkan merupakan serangkaian latihan pemantapan Yonif Raider 514/SY kostrad.

Upaya kesiapsiagaan dalam mengahadapi situasi terburuk akibat melemahnya ekonomi selama pandemi.

Komandan Brigif 9/SY Kolonel Inf A. Yoyok pranowo. S.I.P. menjelaskan, latihan pembebasan sandera ini dilaksanakan pada hari terakhir Latihan Pemantapan (Lattap) Raider di Banyuwangi.

Latihan ini mengangkat tema Bupati Banyuwangi yang tengah disandra oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kantor Pemda Banyuwangi. 

"Pasukan yang terlibat latihan sejumlah 438 orang dan penyelenggara sebanyak 50 orang. Latihan ini bertujuan agar melatih agar proses evakuasi bisa dilaksanakan dengan cara yang cepat, langkah senyap dan sasaran yang tepat," ungkap Kolonel Inf A. Yoyok Pranowo.

Masih Yoyok, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, Danbrigif akan tetap melaksanakan program latihan dan program kesiapsiagaan dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan di jajaran Brigif 9/SY Kostrad.

β€œTentunya latihan ini merupakan suatu kebutuhan dan setiap saat, sehingga satuan Brigif 9  siap digerakkan dan dikerahkan menerima tugas sesuai dengan tanggung jawab," terangnya.

Sebagai brikut, Brigif 9/SY Kostrad memiliki 3 satuan Raider yaitu Yonif Raider 514/SY, Yonif Raider 509/BY Dan Yonif Raider 515/UTY., yang sekarang tugas mobile di daerah (PAPUA)., yang mempunyai mencegah dan menangkal setiap ancaman terhadap kedaulatan NKRI. (WAN)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Satuan Gultor Yonif Raider 514 Laksanakan Pembebasan Tawanan di Kantor Bupati Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT