Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Sebanyak 1807 Lansia di Situbondo Terima Bantuan PKH Plus

profile
Avirista

21 Agustus 2021 13:59

109 dilihat
Sebanyak 1807 Lansia di Situbondo Terima Bantuan PKH Plus
Penyerahan bantuan ke Lansia di Situbondo

SITUBONDO - Para lanjut usia (lansia) di Situbondo mulai menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui jaring pengaman sosial. Setidaknya ada 1.807 lansia yang menerima bansos Rp 500 ribu per orang setiap tahap (triwulan) tiga bulan sekali.

Nominal ini dicairkan dua tahap sekaligus dengan nominal Rp 1 juta untuk tahap 2 dan tahap 3. Satu tahun KPM PKH Plus berhak menerima Rp 2  juta, yang  pencairannya pertahap Rp 500 ribu per triwulan. Sedangkan untuk tahap 1 sudah dicairkan pada tanggal 1 Mei 2021, melalui Bank Jatim.

Dari jumlah 1.807 penerima bantuan, terdapat 81 orang penerima bantuan di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Pantauan suarajatimpost.com, penyaluran bantuan pada Sabtu pagi (21/8/2021), berlangsung lancar. Terlihat beberapa lansia menerima langsung bantuan. Bahkan ada salah seorang lansia yang menderita lumpuh juga diberikan bantuan langsung di kantor kecamatan setempat.

Menurut koordinar PKH (Program Keluarga Harapan) Asembagus Halimatussa'diyah, penerima PKH Plus adalah keluarga penerima reguler kemensos dan ditambahkan PKH Provinsi usia di atas 70 tahun.

"Pemprov yang memverikasi dan menentukan KPM by name by address," ucapnya, usai mencairkan bantuan ke lansia pada Sabtu pagi (21/8/2021).

Sementara itu  seorang kakek bernama Baidowi (71) warga Desa Perante, Kecamatan Asembagus,  menerima bantuan tahap 2 dan 3 sebesar Rp 1 juta.

"Alhamdulillah, atas bantuan yang sudah diberikan kepada saya. ini sangat besar manfaatnya bagi saya dan keluarga, karena keadaan saya sakit tidak bisa berjalan dan sudah tidak bisa bekerja lagi. Atas kepeduliannya, mudah mudahan rejekinya diganti yang lebih besar oleh Allah," ucap Baidowi.

Kasi kesra Kantor Camat Asembagus, A. Rasidi mengatakan para penerima bantuan memang harus datang sendiri dan tak dapat diwakilkan.

"Di Kecamatan Asembagus, ada 81 penerima untuk tahap 2. Sedangkan untuk tahap 3 ada 79 orang, karena 2 orang meninggal dunia," ujarnya.

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Budi Santoso. Dia mengapresiasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam proses penyaluran bantuan tersebut.

"Antrian sangat tertib dan tidak berkerumun," kata Sekdis. (Sarwo Edi)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sebanyak 1807 Lansia di Situbondo Terima Bantuan PKH Plus

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT