Kamis, 27 Januari 2022
Pendidikan

Sebanyak 28 Guru Besar Dimiliki UIN Malang, Rektor Prof. Abdul Haris : Harusnya Ada Lagi!

profile
Avirista

18 Februari 2021 05:49

160 dilihat
Sebanyak 28 Guru Besar Dimiliki UIN Malang, Rektor Prof. Abdul Haris : Harusnya Ada Lagi!
Rektor UIN Malang (kanan) saat mengukuhkan guru besar

KOTA MALANG - Prof. Abdul Haris telah mengukuhkan 19 guru besar selama menjabat sebagai Rektor UIN Maliki Malang. Angka tersebut termasuk tiga orang guru besar yang dikukuhkan pada Rabu 17 Februari 2021 kemarin.

"Saya mimpin ini ada 19, dalam waktu tiga tahun lebih lah," ucap Abdul Haris kepada suarajatimpost.com.

Jumlah tersebut disebutnya kemungkinan bertambah dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini lantaran akan ada setidaknya 5 calon guru besar lagi yang menunggu penetapan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Mudah-mudahan Mei sudah semuanya turun. Ada beberapa, tapi estimasi 5 tadi. Mengapa 5 tadi, karena ada sekian, 9 yang sudah masuk ke Dikti. Berarti 5 dari 9 itu separuhnya lebih, itu kemungkinan besar sudah turun  (surat keputusannya)," bebernya.

Dirinya memperkirakan kelima calon guru besar UIN Malang ini akan dikukuhkan pada Mei 2021 mendatang. "Saya berharap tanggal 5 bulan 5, 2021. Mei 5 (calon guru besar dikukuhkan) itu," ungkapnya.

Tiga guru besar yang dikukuhkan UIN Malang pada Rabu (17/2/2021) 

 

Kini total di UIN Malang memiliki 28 guru besar, termasuk guru besar yang sudah pensiun. Hal itu disebut Haris belumlah ideal, mengingat di UIN Malang terdapat 98 tenaga pengajar yang berpeluang menjadi guru besar, dimana saat ini statusnya lektor kepala golongan 4 A ke atas. "Hari ini 28 (guru besar) itu termasuk yang pensiun, harusnya ada lagi," ucapnya.

"Biasanya lektor kepala itu (golongan) IV A ke atas, itu ada 98 banyak sekali. Peluangnya banyak, hanya mereka biasanya kendalanya di syarat khusus, menulis karya ilmiah jurnal," tuturnya.

Nantinya ke depan ditargetkan Haris dari 46 program studi (Prodi) di UIN Malang, bisa memiliki satu guru besar di setiap Prodi-nya. "Makanya kita punya 43 prodi tambah 3 lagi 46 jadi harus 46. Sekarang baru 28, kurangnya masih 18," tandasnya.

Sebagai informasi UIN Malang pada Rabu 17 Februari 2021 kemarin mengukuhkan tiga guru besarnya kembali. Ketiganya yakni Prof. Dr. Roibin, M.HI., guru besar Bidang Ilmu Dirasah Islamiyah dari Fakultas Syariah, Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. guru besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi, serta Prof. Dr. Roihatul Mutiah, S.F., M.Kes., Apt., di Bidang Ilmu Biologi Farmasi pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sebanyak 28 Guru Besar Dimiliki UIN Malang, Rektor Prof. Abdul Haris : Harusnya Ada Lagi!

Share

APA REAKSI ANDA?

1 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT