Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

Sederhana dan Bermakna, Begini Puncak HUT 72 Kodam V Brawijaya

profile
Admin

16 Desember 2020 19:14

130 dilihat
Sederhana dan Bermakna, Begini Puncak HUT 72 Kodam V Brawijaya
Perayaan HUT Kodam V Brawijaya di Pendopo Agung Mojopahit

MOJOKERTO - Puncak peringatan HUT Ke-72 Kodam V Brawijaya dilaksanakan secara sederhana di Pendopo Agung Mojopahit, Trowulan, Mojokerto. Pelaksanaan peringatan ulang tahun kali ini berbeda dengan sebelumya, pandemi Covid-19 membuat HUT hanya dirayakan melalui sarasehan di Pendopo Agung Mojopahit, pada Rabu (16/12/2020) dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan sarasehan ini adalah sebagai ajang silaturahmi dengan para Sesepuh Kodam V/Brawijaya. Dari para Sesepuh inilah kita akan menerima wejangan dan arahan dari para sesepuh Kodam V/Brawijaya agar seluruh prajurit Bhirawa Anoraga dapat melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik bagi negara dan bangsa Indonesia yang kita cintai," ujar Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Haryanto dalam sambutannya.

 

Dirinya menyebut semangat mempersatukan nusantara ala Prabu Brawijaya inilah yang perlu dicontoh. Apalagi nama besar Prabu Brawijaya menjadi simbol dari Kodam V Brawijaya.

 

"Kepemimpinan Raja Brawijaya patut kita teladani bersama. Kita ketahui, Prabu Brawijaya sangat disegani oleh para raja-raja lainnya atas kegigihan dan ketangguhannya. Selain dikenal dengan ketangguhannya, Prabu Brawijaya juga mampu mempersatukan seluruh wilayah Nusantara. Iitulah sebabnya nama besar Prabu Brawijaya dijadikan simbol Kodam V/Brawijaya," jelasnya.

 

Di kesempatan yang sama Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah selaku sesepuh Kodam V/Brawijaya memberikan wejangan dan arahan kepada prajurit Kodam V Brawijaya yang masih aktif. Ia menuturkan sejarah penyatuan nusantara yang dicatat dengan tinta emas dalam sejarah nusantara. Negara Indonesia sekarang pun terinspirasi dari kebesaran Majapahit.

 

"Pelestarian nilai-nilai dan semangat kejuangan Raja Brawijaya yang mampu mempersatukan nusantara serta selalu dekat dan bersama-sama dengan rakyatnya diharapkan dapat menjadi contoh dalam sikap maupun perilaku setiap prajurit Kodam V/ Brawijaya," harap Mayjen TNI (Purn) Widodo.

 

Sementara itu Danrem 082 CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto selaku tuan rumah mengatakan, sengaja memiih tempat Pendopo Agung Mojopahit karena perayaan harus dilakukan dengan cara yang sederhana, namun tak menghilangkan makna dari esensi HUT ke – 72 Kodam V Brawijaya.

 

"Puncak peringatan ke-72 HUT Kodam V/Brawijaya dilaksanakan di Pedopo Agung Mojopahit Trowulan dikarenakan adanya wabah Covid-19. Bila pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT Kodam V/Brawijaya dilaksanakan dengan melibatkan prajurit dan masyarakat dalam jumlah besar, untuk tahun ini hanya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sarasehan yang sederhana dan bersifat kegiatan internal," tandas Danrem 082 CPYJ Kolonel Inf. Dariyanto.

 

Hadir pada acara kegiatan tersebut, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Haryanto, Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah, Kasdam V/ Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, Irdam V / Brawijaya, Brigjen TNI Arie Subekti,  Kapoksahli Pangdam V/ Brw Brigjen TNI Yoyok Bagus Budianto

Selanjutnya, Danrem Tipe "A" 084/BJ Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Ketua Persit KCK PD V Brawijaya Ibu Uke Suharyanto beserta pengurus, Para Danrem Jajaran Kodam V/Brawijaya, Danrindam V/Brawijaya, Para Asisten dan Kabalakdam V/Brawijaya, Danbrig 16/WY, para Dandim dan para Danyon jajaran Kodam V/Brawijaya. (adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sederhana dan Bermakna, Begini Puncak HUT 72 Kodam V Brawijaya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT