Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Selingkar Ijen Masuk Proyek Nasional, Gubernur Jatim Minta Banyuwangi Bersiap Diri

profile
Ikhwan

03 Maret 2021 18:16

106 dilihat
Selingkar Ijen Masuk Proyek Nasional, Gubernur Jatim Minta Banyuwangi Bersiap Diri

BANYUWANGI - Menyambut Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Kabupaten Banyuwangi mempersiapkan diri. Hal itu lantaran selingkar Ijen jadi salah satu proyek yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Khofifah mengatakan selingkar Ijen jadi salah satu proyek yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) karena daya tarik nunik yang dimilikinya.

"Karena sering menjadi destinasi yang dikunjungi wisatawan terlebih keunggulan alamnya sulit dicari di tempat lain. Didunia hanya ada dua di Iceland dan di Indonesia yakni di Kawah Ijen," katanya usai menghadiri Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi,  di Kantor Paripurna DPRD setempat, Rabu (3/3/2021) 

Sehingga kata Khofifah pemerintah daerah setempat paling tidak harus melakukan pra conditioning, untuk menyiapkan tim kemudian melakukan telaah terutama yang berada di selingkar Ijen.

"Bisa menjadi bagian penting yang dapat dijadikan catatan prioritas bagi ibu bupati dan pak wakil bupati. Karena wisatawan yang hendak ke Ijen sebagian besar melalui Banyuwangi," ujarnya.

Khofifah juga berpesan agar format moderenisasi di Kabupaten ujung timur Jawa ini terus dikembangkan. Terlebih dalam hal digitalisasi ekonomi yang juga harus dikuatkan.

"Karena memang trendnya UMKM kita membutuhkan market yang makin luas artinya penjualan secara online akan semakin masif. Jadi dengan adanya digitalisasi ini diharapkan pelaku UMKM siap menerima pembayaran yang seperti itu," pungkasnya.

Menanggapi itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan akan mengawal proyek itu hingga tuntas. Dengan terus berkomunikasi dan menjalin koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Bu Gubernur menyampaikan bahwa Banyuwangi banyak sekali, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur diwilayah Ijen," katanya.

Menurutnya hal itu menjadi sebuah agenda menarik dalam upaya memikat wisatawan untuk datang ke Banyuwangi.

"Jadi kami akan terus berkoordinasi, mudah-mudahan ini tidak hilang ya. Karena ini program jangka panjang, kami akan mengawal anggaran ini agar terealisasi di Banyuwangi," imbuhnya.

Di era yang serba moderen ini, dirinya akan meningkatkan digitalisasi ekonomi yang sebelumnya sudah dijalankan. Hal itu kata Ipuk agar dampak besarnya bisa dinikmati masyarakat khususnya pelaku UMKM.

"Akan kita lanjutkan inovasi itu dan kita juga akan melibatkan anak muda. Jadi nanti anak muda ini dilibatkan dalam mengembangkan sektor-sektor yang menjadi fokus kita perikanan, pertanian dan pariwisata, untuk meningkatkan pendapatan UMKM di Banyuwangi," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Selingkar Ijen Masuk Proyek Nasional, Gubernur Jatim Minta Banyuwangi Bersiap Diri

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT