Jumat, 28 Januari 2022
Ekonomi

Sempat Rugi Rp 16 Juta Sebulan, Pedagang Pasar Digital Menoreh Sedikit Bisa Tersenyum

profile
Admin

11 Oktober 2020 19:11

348 dilihat
Sempat Rugi Rp 16 Juta Sebulan, Pedagang Pasar Digital Menoreh Sedikit Bisa Tersenyum
Re-aktivitas Pasar Digital Menoreh yang ditandai pemukulan gong

PURWOREJO – Pandemi Covid-19 membuat Pasar Digital Menoreh di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo tak beroperasi selama enam bulan. Kini setelah enam bulan tak beroperasi pasar digital tersebut kembali beroperasi sejak Minggu (11/10/2020) dan membuat para pedagang bisa sedikit tersenyum.


Selama tak beroperasi para pedagang mengaku mengalami kerugian cukup besar. Salah seorang pedagang Jodik Sayali menyatakan, bila sebelum ada pandemi Covid-19 ia dapat mengantongi keuntungan Rp 200 ribu tiap pekannya, saat tak beroperasi membuat pasar digital tutup total.

 

"Di Pasar Menoreh ini ada 21 pedagang yang setiap pedagang bisa menghasilkan Rp 200 ribu tiap minggunya, dalam satu bulan berjualan empat kali," ujar Jodik ditemui suarjatimpost.

 

Kerugian terbesarnya disebut Jodik yakni lapak – lapak pedagang yang telah rusak mengingat selama enam bulan tak beroperasi. Pria berusia 43 tahun ini menaksir kerugian total para pedagang mencapai Rp 16,8 juta per bulannya akibat kerusakan ringan pada lapak – lapaknya. Namun hingga kini lanjut Jodik, belum ada bantuan dari pihak terkait bagaimana solusi kerugian terutama pada lapak - lapak pedagang yang rusak ringan.


"Lapak untuk berjualan pada rusak ringan, kalau soal material kerugian sebesar Rp 16,8 juta perbulan itu total semua pedagang," paparnya.

 

Sementara itu Badan Otorita Borobudur Agus Roharyadi mengatakan, reaktivasinya kembali Pasar Menoreh ini bisa mengantrol perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

 

"Kita berharap karena dalam massa pandemi Covid-19 ini kemaren kita sempat tutup dan sekarang kita reaktifasi kembali pasar menoreh ini,” tutur usai pemukulan gong sebagai tanda re-aktivasi kembali Pasar Digital Menoreh.

 

Namun Agus juga mengingatkan agar pedagang dan pengelola untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan disiplin melakukannya. Nantinya setelah dilakukan reaktivasi pasar akan dicoba kembali beroperasi sebagaimana biasanya.

 

“Saya minta pasar ini kita tetap mengacu protokol kesehatan dan seketat mungkin. Kedepan kita akan mencoba setiap hari minggu pukul 12.00 WIB, Pasar Digital Menoreh ini bisa beoperasi kembali seperti biasanya, harapan kita masyarakat di sini khususnya Desa Sedayu bisa melayani tamu dengan sebaik baiknya,” tutupnya. (fauzi)

 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sempat Rugi Rp 16 Juta Sebulan, Pedagang Pasar Digital Menoreh Sedikit Bisa Tersenyum

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT