Selasa, 18 Januari 2022
Ekonomi

Sidoarjo Jadi Kota dengan Pengangguran Tertinggi di Jawa Timur

profile
Krisna

04 Juni 2021 18:21

1.8k dilihat
Sidoarjo Jadi Kota dengan Pengangguran Tertinggi di Jawa Timur
Mimik Idayana anggota Komisi D DPRD Sidoarjo

SIDOARJO - Pengangguran di Kabupaten Sidoarjo terus meningkat, pandemi covid-19 dinilai sebagai salah satu penyebab utama naiknya angka pengangguran di Kota Delta.

Namun hingga saat ini, jumlah pengangguran di Sidoarjo sudah tembus sekitar 288.000 orang atau sekitar 10,98 persen.

Kondisi itu menjadi perhatian banyak pihak, salah satunya dari Mimik Idayana anggota Komisi D DPRD Sidoarjo yang merupakan mitra kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat.

“Saya masih cari tahu ini, kenapa warga daerah lain berbondong-bondong kerja disini, sedangkan warga Sidoarjo sendiri malah banyak pengangguran. Ada apa ini ?” kata Mimik Idayana dengan nada heran, Jumat (4/6/2021).

Mimik Idayana menambahkan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan beberapa kecamatan untuk memastikan meningkatnya angka pengangguran di Kota Delta.

Tertinggi di Jawa Timur dan data tersebut belum termasuk yang tidak terdata.

Namun pada beberapa waktu yang lalu Pemkab Sidoarjo sudah gencar mengadakan pelatihan keterampilan, tapi masih kurang maksimal.

“Percuma, kalau mereka hanya diberi pelatihan, tapi tidak ada follow up lagi pasca dari pelatihan itu. Hanya buang anggaran. Tidak maksimal,” ujar politisi Partai Gerindra

Disamping belum ada intervensi langsung dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, masalah pengangguran juga dipengaruhi dari pola pikir dan pola hidup masyarakat sendiri yang kurang giat dalam bekerja.

“Entah karena bayarannya tidak UMR, atau ada faktor lain. Ini yang kita sedang cari solusi bersama,” pungkasnya. (Tam)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sidoarjo Jadi Kota dengan Pengangguran Tertinggi di Jawa Timur

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT