Rabu, 19 Januari 2022
Pendidikan

SMK Telkom Sabet Predikat Sekolah Terbaik Nasional 2020

profile
Admin

04 Januari 2021 15:55

449 dilihat
SMK Telkom Sabet Predikat Sekolah Terbaik Nasional 2020
SMK Telkom

KOTA MALANG - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menobatkan SMK Telkom Malang menjadi sekolah SMK swasta terbaik nasional tahun 2020. Lembaga tersebut merupakan lembaga yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

 

Hal ini berkaca sejumlah inovasi yang diterapkan pada sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah, mulai dari pembelajarannya secara daring, praktek industri yang diberlakukan jarak jauh, yang diterapkan selama masa pandemi COVID-19. Faktor utama yang menjadi meraih predikat SMK swasta terbaik nasional yakni karena proses seleksi masuk perguruan tinggi. Dimana tidak hanya mengacu pada kemampuan akademis, melainkan juga potensi calon mahasiswa.

 

Kepala Sekolah SMK Telkom Agoes Windarto mengatakan, predikat sekolah swasta terbaik di nusantara menjadi bagian dari kerjasama antara sejumlah pihak, baik dari pengajar hingga orang tua.

 

"Upaya ini tentunya tidak terlepas dari kerja sama aktif dengan orang tua yang banyak mendampingi siswa selama pembelajaran jarak jauh dari rumah," ungkap Agoes melalui keterangan tertulisnya pada suarajatimpost, Senin (4/1/2021).

 

β€œDengan penghargaan SMK swasta nasional terbaik, artinya , SMK Telkom Malang tetap dipercaya dan diakui khalayak sebagai pencetak generasi IT yang unggul dan kredibel,” imbuhnya.

 

Menurutnya,peningkatan kualitas proses seleksi PT untuk mendapatkan calon siswa dengan seleksi yang proporsional dan sesuai kualifikasi standar yang ditetapkan.

 

β€œLangkah ini (penghargaan SMK terbaik) dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas proses seleksi PT untuk mendapatkan in take calon mahasiswa yang tak hanya mengacu pada akademis, tapi juge kepada kemampuan potensi calon mahasiswa melalui proses seleksi yang proporsional dan berkeadilan melalui kualitas predikat sekolah asalnya,” jelasnya.

 

Agoes menambahkan, selama masa pandemi COVID-19 di SMK Telkom penerapan pembelajaran dilakukan online atau jarak jauh tak hanya pembelajaran saja. Sistem praktek industri, ujian, seleksi masuk sekolah bahkan praktek industri juga menerapkan jarak jauh menggunakan daring.

 

"Harus diakui pandemi COVID-19 membuat kita harus beradaptasi di kehidupan baru. Apalagi dalam kegiatan pembelajaran dengan segala kebijakan yang ditetapkan pemerintah. SMK Telkom Malang juga melakukan sinergi layaknya sekolah-sekolah lain untuk tetap melaksanakan pembelajaran, ujian, seleksi, dan praktik industri jarak jauh," paparnya.

 

Maka predikat SMK swasta nasional terbaik disebut Agoes menjadi bukti perjuangan seluruh elemen civitas akademi di SMK Telkom. Terlebih sejumlah prestasi yang diraih siswa - siswi menjadi pelecut di tengah situasi pandemi COVID-19.

 

"Predikat SMK swasta nasional terbaik ini sekaligus menjadi bukti perjuangan tanpa batas untuk terus membantu siswa-siswi meraih  prestasi, apapun kondisinya," tuturnya.

 

Agoes menambahkan, prestasi ini juga menjadi pelecut memberikan yang terbaik di tengah kejenuhan pembelajaran dan bimbingan ke murid secara daring.

"Prestasi ini menjadi pelecut kembali saat telah mengalami kejenuhan pembelajaran dan bimbingan siswa secara daring. Baik itu orang tua, guru, siswa, dan para pelaku akademis, tentunya sama-sama merasakan efek minimnya efektivitas kegiatan belajar selama pandemi. Semoga wabah ini sager berakhir dan kehidupan data berjalan normal kembali," tandasnya.  (Ris) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

SMK Telkom Sabet Predikat Sekolah Terbaik Nasional 2020

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT