Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Soal Tuduhan Terlibat Produksi Rokok Ilegal, ini Penjelasan Bea Cukai Madura

profile
Muezul

15 Mei 2021 12:21

61 dilihat
Soal Tuduhan Terlibat Produksi Rokok Ilegal, ini Penjelasan Bea Cukai Madura
Kantor Bea Cukai Madura tampak dari depan.

PAMEKASAN - Tudingan Komunitas Monitoring dan Advokasi (KOMAD) bahwa Bea cukai madura terlibat dalam produksi rokok ilegal saat melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Bea Cukai Madura, dibantah keras oleh pihak bea cukai yang berkantor di jalan Jendral Sudirman no. 2 Pamekasan.

Menurut Humas bea dan cukai Zainul  mengatakan, Bea Cukai berfungsi untuk membatasi, mengawasi, dan/atau mengendalikan produksi, peredaran, dan konsumsi barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik dapat membahayakan kesehatan, lingkungan, ketertiban, dan keamanan masyarakat melalui instrumen cukai yang memperhatikan aspek keadilan dan keseimbangan.

Cukai sendiri merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam Undang-undang Cukai. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Bea Cukai membutuhkan kerja sama yang baik dan dukungan dari masyarakat dan instansi pemerintah lainnya.

Khususnya dalam hal penanganan rokok ilegal, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan pemerintah kabupaten setempat.

"Jadi mustahil, tuduhan mereka kita terlubat dalam produksi rokok ilegal, dan kongkalikong dengan pengusaha," ungkapnya. Rabu (12/05/21).

Kita melakukan tindakan pemberantasan rokok ilegal dengan mengajak yang ilegal menjadi legal.

Hal tersebut berkaitan dengan semboyan Bea Cukai yaitu “Legal Itu Mudah”. Perizinan harus mudah. Kemudian setelah itu ibaratnya menanam pohon kita harus pupuk, caranya bagaimana? Bimbingan teknis.

Jadi artinya kita tidak hanya sekadar kita bisa memungut pajaknya saja tetapi kita harus bisa bagaimana menumbuhkan supaya pohon ini semakin tumbuh semakin besar.

"Pada akhirnya pohon itu disamping memang berguna untuk dirinya sendiri juga menghasilkan buah. Buah ini nanti yang kita petik bersama melalui cukai baik melalui pajak-pajak daerah dan juga memberikan keuntungan pada yang bersangkutan.

"Intinya kita melakukan pemberantasan rokok ilegal dengan membuat legal,  dengan pendekatan persuasif sehingga nantinya tidak membuat pengusaha rokok  malah gulung tikar," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Soal Tuduhan Terlibat Produksi Rokok Ilegal, ini Penjelasan Bea Cukai Madura

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT