Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Suara Dentuman di Malang, BPBD Kota Malang Siaga

profile
Nayoko

03 Februari 2021 18:02

31 dilihat
Suara Dentuman di Malang, BPBD Kota Malang Siaga
Gunung Semeru yang awalnya diduga sumber suara dentuman (istimewa)

KOTA MALANG - Suara dentuman wilayah Malang hingga Rabu (3/2/2021) siang sekitar pukul 12.00 WIB masih terdengar. Hal itu membuat hastag dentuman di dunia maya menjadi trending. Hal ini membuat sejumlah instansi kebencanaan maupun BMKG ikut berkomentar. Hingga saat ini  BPBD Kota Malang memastikan asal dan penyebab suara tersebut. Alie Mulyanto, Kepala BPBD Kota Malang.

“Memang benar ada dentuman yang tertengar tadi malam. Kami cek dari beberapa teman-teman BPBD. Baik Lumajang dan Kabupaten Malang belum tahu itu apa,” ujarnya, saat dikonfirmasi terpisah.

Wilayah terdengar dentuman tersebut meliputi wilayah Malang Raya. Bahkan Alie sempat bertanya kepada BPBD Lumajang terkait dentuman tersebut. Namun belum ada penjelasan informasi terkait dentuman itu. Semeru ataupun Raung ternyata tidak terdeteksi ada suara ledakan.

“Wilayah yang mendengar dentuman kemarin itu sampai Malang Raya. Tapi ini juga masih belum tau asalnya dari mana,” terangnya.

Dari penuturannya, instansi terkait masih dalam tahapan untuk mencari keterangan sampai dengan saat ini. Dentuman yang bikin jagat sosial media itu heboh tengah diselidiki dan sampai pada saat ini hanya beredar isu asal muasal dentuman.

“Kita belum bisa memperkirakan itu berasal dari mana. Tetapi, memang benar ada dentuman. Hanya, kita belum tau itu gejala alam atau apa,” tambahnya.

Di samping itu, BPBD mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Saat ini cuaca memang sedang ekstrim. Fenomena hidrometeorologi kabarnya masih akan berlangsung sampai Maret.

“Semua harus waspada untuk mengurangi risiko bencana lebih besar. Artinya kita harus tetap siaga. Baik saat terjadi hujan ataupun saat terjadi gempa,” tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Suara Dentuman di Malang, BPBD Kota Malang Siaga

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT