Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Sungai Angker di Kabupaten Jember Telan Bocah Umur Enam Tahun

profile
Rochul

27 Mei 2021 17:23

1.9k dilihat
Sungai Angker di Kabupaten Jember Telan Bocah Umur Enam Tahun
Bocah laki-laki berinisial MZR ditemukan tewas tenggelam di aliran Sungai Petung Dusun Pertelon, Desa Pakis, Kecamatan Panti Jember.

JEMBER - Bocah laki-laki berinisial MZR ditemukan tewas tenggelam di aliran Sungai Petung Dusun Pertelon, Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Kamis (27/5/2021).

Proses evakuasi bocah berumur enam tahun tersebut dilakukan oleh kakeknya sendiri, lantaran saat dibantu mencari oleh warga setempat tidak ditemukan.

Jasad korban saat dievakuasi berada di dasar aliran sungai sedalam kurang lebih 2 meter.

"Korban ditemukan tenggelam karena dari informasi di lapangan saat itu sedang mandi bersama dua orang temannya, diduga karena tidak bisa berenang, korban tenggelam di bagian sungai yang dalam," kata Kapolsek Panti Iptu Lilik Sukoco saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Diduga karena proses evakuasi korban yang terlalu lama, karena teman-teman korban masih mencari bantuan. Korban pun saat dievakuasi sudah dalam kondisi meninggal dunia.

"Karena saat itu teman-teman korban tidak bisa membantu, dan mencari pertolongan yang jarak dari lokasi ke pemukiman warga kurang lebih 15 meter. Korban diduga berada di dalam air (tenggelam) lebih dari 5 menit dan nyawanya tidak bisa diselamatkan meski tubuh bocah mungil tersebut sempat di jungkir untuk keluarkan air dalam paru parunya," katanya.

Namun demikian, lanjut Lilik, menurut pengakuan warga sekitar. Lokasi tempat tenggelamnya bocah malang itu dikenal angker.

"Kalau kata warga sih angker jadi tiap beberapa tahun sekali meminta korban. Tapi saat dievakuasi korban meninggal karena tenggelam, tidak ditemukan bekas-bekas luka atau penganiayaan," katanya.

"Selain itu, saat proses pencarian korban, warga yang berusaha membantu tidak ada yang menemukan. Baru kemudian kakeknya sendiri yang mencari bernama Asmuni (44) yang bisa menemukan korban, yang saat itu (posisi jasad korban) berada di dasar sungai dengan kedalaman kurang lebih 1 - 2 meter," ungkapnya.

Saat ini, lanjut, korban sudah dimakamkan secara layak setelah sebelumnya sempat mendapat pertolongan dari petugas medis puskesmas setempat.

"Tidak dilakukan visum karena pihak keluarga menolak dan menerima musibah ini sebagai kecelakaan ditegaskan dengan surat pernyataan dari keluarga. Korban pun setelah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan meninggal, langsung dimakamkan oleh pihak keluarga," pungkasnya.

Terpisah salah seorang warga setempat Bukhori mengatakan, lokasi tempat tenggelamnya korban diakuinya angker. Bahkan warga meyakini jika sungai di lokasi tersebut selalu meminta tumbal.

"Saat itu tahunya mandi bersama dengan teman-temannya, korban belum sekolah karena masih umur 6 tahun. Perkiraan kejadian Pukul 10.30 WIB. Awal bermain di areal persawahan dekat rumah terus pergi ke sungai," katanya.

Terkait keyakinan mistis di lokasi kejadian, kata Bukhori, tiap 5 tahun sekali ada korban.

"Warga bukannya tidak menolong, tetapi saat dicari korban tidak ditemukan. Bahkan kata teman-temannya, korban pergi sendiri ke arah barat dari lokasi sungai itu," ujarnya. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sungai Angker di Kabupaten Jember Telan Bocah Umur Enam Tahun

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT