Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Sutiaji Minta Bapenda Kota Malang Inovatif Tingkatkan Pendapatan Daerah

profile
Nayoko

26 Februari 2021 10:12

42 dilihat
Sutiaji Minta Bapenda Kota Malang Inovatif Tingkatkan Pendapatan Daerah
Forum perangkat daerah Bapenda Kota Malang

MALANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang, dengan melakukan inovasi dan kolaborasi dengan sejumlah pihak.

Wali Kota Malang Sutiaji menyebutkan, salah satu potensi yang dapat dikelola oleh Bapenda adalah soal sinkronisasi data antara pajak parkir dan retribusi parkir yang dirasanya tidak maksimal.

 "Sebetulnya tusinya sudah jelas; pajak parkir ada di Bapenda dan retribusi parkir ada di Dishub; namun pada kesempatan kali ini, saya berharap terjadi sinkronisasi data agar dapat dikelola dengan baik" ujarnya, saat mengisi Forum Perangkat Daerah Kota Malang, melalui rilis yang diterima Kamis malam (25/2/2021).

Dari penuturannya ada sekitar 500 titik parkir, dengan potensi pendapatan yang dapat dimaksimalkan pengelolaannya. Tetapi pengelolaan tersebut masih dirasakan perlu adanya koordinasi antara Bapenda Kota Malang bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang.

"Kolaborasi pun menjadi salah satu petunjuknya agar dapat dilaksanakan oleh kedua instansi tersebut dengan harapan pengelolaan yang tersinkronisasi dan terintegrasi tersebut dapat memaksimalkan PAD yang ada di Kota Malang," terang Sutiaji.

Selain persoalan parkir, pria asal Lamongan ini juga menekankan Bapenda berkoordinasi dengan instansi lainnya. Misalnya, dengan Dinasker PMPTS Kota Malang soal pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB), khususnya seperti di perubahan siteplan, yang diajukan oleh masyarakat.

"Kondisi tersebut sangat dimungkinkan terlebih karena hal itu merupakan upaya peningkatan pendapatan daerah melalui sektor Pajak Bumi dan Bangunan. Harapan ke depan, Bapenda Kota Malang dapat memberikan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak PAD Kota Malang," tukasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sutiaji Minta Bapenda Kota Malang Inovatif Tingkatkan Pendapatan Daerah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT