Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Tak Ada Uang BBM, Puluhan Truk Sampah Pemkab Jember Mogok Beroperasi

profile
Admin

04 Januari 2021 10:10

239 dilihat
Tak Ada Uang BBM, Puluhan Truk Sampah Pemkab Jember Mogok Beroperasi
Truk sampah yang terparkir di depan kantor Pemkab Jember

JEMBER - Puluhan truk sampah milik Pemkab Jember mogok beroperasi sejak pada Senin pagi (4/1/2021). Sebanyak 30 truk sampah itu memarkirkan kendaraannya di depan kantor Pemkab Jember untuk memprotes lantaran belum ada anggaran pembelian bahan bakar selama dua bulan terakhir. 

Tampak para supir memarkir kendaraannya sambil memasang sebuah banner berukuran 1,5 x 2 meter di depan bodi truk. "Mohon Maaf Kami Tidak Operasional Truk Sampah Ini Butuh BBM", begitu spanduk yang terpasang di bodi truk. 

Dari informasi yang dihimpun sejumlah supir mengaku tidak mendapat uang operasional bahan bakar selama dua bulan terakhir. Selama ini para supir beroperasi dengan mengeluarkan uang pribadi untuk membeli bahan bakar. Namun karena tidak lagi ada anggaran, puluhan supir truk sampah pun terpaksa mogok beroperasi. 

Korlap aksi salah satu supir truk sampah Senidar mengatakan, adanya aksi itu, sebagai bentuk protes karena sejak dua belakangan tidak ada anggaran untuk BBM itu.


"Sejak dua bulan tidak ada bahan bakar minyak (BBM) jadi kami parkir ini, sampai kapan? Ya tidak tahu. Aksi dihentikan, sampai ada BBM-nya lagi," kata Senidar saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Senidar juga menyampaikan, terkait aksi protes itu, pihaknya juga mengaku belum mendapat bayaran atas pekerjaannya sebagai supir truk sampah.

"Bayaran juga tidak, belum dibayar, kalau dulu ada TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai). Kita bisa talangi dulu. Sekarang tidak. Jadi sementara ini kami (para supir truk sampah) sudah tidak mampu (menalangi) lagi atau kami nyerah tidak ada uang lagi yang harus di pakai ," tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember Arismaya mengatakan, aksi parkir truk sampah di Depan Kantor Pemkab Jember dan Depan Pendopo Wahyawibawagraha itu, diikuti sebanyak 30 kendaraan.

"Total yang kita miliki ada 32 truk sampah. Tapi yang parkir ini ada 30. (Terkait aksi) Saya luruskan ya, puluhan truk ini bukan mogok, tapi masih bisa beroperasional. Ini karena tidak ada BBM-nya," ujar Arismaya saat dikonfirmasi di lokasi aksi.

Parkirnya puluhan truk sampah itu, kata Arismaya, inisiatif dari para supir, karena sebagai bentuk protes tidak adanya anggaran untuk bahan bakar kendaraan.

"Jadi ini inisiatif dari supir sendiri, karena tidak ada anggaran BBM itu. Sebagai bentuk penyampaian aspirasi agar diperhatikan pimpinan (Bupati Jember), kalau tidak ada BBM bagaimana bisa beroperasi," katanya.

Pantauan di lokasi, setelah puluhan truk sampah itu diparkir, para supir meninggalkan begitu saja lokasi. Mereka diketahui berombongan kembali ke Kantor DLH Jember. Hingga berita ini dimuat sejumlah truk masih bertahan terparkir ditinggalkan para supirnya. (Ema Wasta) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Ada Uang BBM, Puluhan Truk Sampah Pemkab Jember Mogok Beroperasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT