Rabu, 19 Januari 2022
Ekonomi

Tak Perlu Antri di Samsat Lumajang, Begini Cara Kekinian Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

profile
achmad fuad

12 Februari 2021 17:38

461 dilihat
Tak Perlu Antri di Samsat Lumajang, Begini Cara Kekinian Bayar Pajak Kendaraan Bermotor
Ilustrasi aplikasi Samsat nasional (istimewa)

LUMAJANG – Pembayaran pajak kendaraan bermotor (ranmor) tahunan, sekarang tidak perlu ribet lagi. Tanpa perlu antriaantrian panjang di Samsat Lumajang, masyarakat kini bisa datang ke ritel modern dan kantor pos terdekat. 

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Putu Angga Feriyana kepada media ini, saat melihat jadwal hari libur Imlek 2021. 

“Kalau wajib pajak tidak mengharapan antrian panjang seperti dinator samsat, wajib pajak bisa datang ke gerai toko modern atau kantor pos terdekat,” papar Putu Angga, pada Jumat (12/2/2021). 

Namun demikian, kata AKP I Putu Angga, wajib pajak harus menyerahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli, KTP asli sesuai atas nama yang tertera pada STNK dan Nomor HP. 

“Setelah itu, nanti akan dipandu oleh petugas toko modern dengan memberikan struk pembayarannya,” jelas Kasat Lantas.  

Kemudian, wajib pajak, kata AKP I Putu Angga, akan mendapatkan SMS notifikasi bukti di layar di Hpnya, baru kemudian wajib pajak memasukan IDSAH di HP dan E-notice akan muncul di HP wajib pajak tersebut.

“Wajib pajak bisa menukarkan E-notice (struk pembayaran) dengan syarat membawa dan menunjukan kartu identitas (KTP) asli dan STNK asli, dan kartu identitas harus sesuai dengan STNK,” bebernya lagi.

Jika kartu identitas tidak sesuai, maka menurut Kasat Lantas, proses tersebut tidak akan di layani dengan penukaran SKPD (notice pajak) nya.

Selain memalui toko modern atau kantor pos, dikatakan Kasat Lantas, agar lebih mudah lagi, bayar pajak ranmor secara online. Sebab saat ini, banyak kemudahan transaksi online sebagai dampak dari kemajuan teknologi dan masa pandemi Covid-19 ini, ternyata membawa banyak manfaat. 

“Apalagi dengan adanya imbauan untuk meminimalisir kontak fisik demi mencegah penyebaran virus, maka proses pembayaran secara online pun bisa jadi lebih mudah, aman, dan cepat dibandingkan dengan cara konvensional,” ungkapnya lagi. 

Kemudahan transaksi online, kata AKP I Putu Angga, juga berlaku saat wajib pajak ingin membayar pajak ranmor secara mudah dan aman, namun juga bisa menghindarkan pemilik kendaraan terlambat membayar pajaknya.

“Dan ada kelebihan juga, jika STNK baru akan tetap dikirim ke alamat wajib pajak sesuai yang tertera pada STNK dan tanpa dikenakan biaya ongkos kirim,” pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Perlu Antri di Samsat Lumajang, Begini Cara Kekinian Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT