Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Tekan Covid-19 Polres Trenggalek Gelar Operasi Yustisi

profile
Admin

20 Desember 2020 21:24

111 dilihat
Tekan Covid-19 Polres Trenggalek Gelar Operasi Yustisi
Penertiban operasi yustisi penegakan protokol kesehatan

TRENGGALEK – Puluhan petugas gabungan  dari Polres Trenggalek, Kodim 0806, Satpol PP Damkar dan Dishub, menggelar penertiban dan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan. Para petugas gabungan ini menyisir sejumlah yang berlokasi berpotensi menjadi tempat kerumunan, pada Minggu malam (20/12/2020). 

Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito mengatakan, penertiban protokol kesehatan tidak hanya digelar di wilayah kota saja, melainkan serentak se-Kabupaten Trenggalek.

“Beberapa hari belakangan ini, angka terkonfirmasi Covid-19 masih terus bertambah signifikan. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua," ujar Kompol Mujito. 

Menurut Mujito, berbagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 telah dilakukan gugus tugas maupun aparat terkait. Namun bila tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Oleh karena itu, penertiban dan operasi yustisi ini merupakan salah satu respon cepat untuk selalu mengingatkan warga tentang pentingnya protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan virus berbahaya tersebut.

“Ancaman Covid-19 ini nyata. Jadi, Jangan bosan-bosan mengingatkan dan menindak tegas kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan demi kesehatan dan keselamatan kita bersama," imbuhnya

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, yang juga turut hadir dan mengendalikan personel di lapangan menyebut, dalam penertiban kali ini sedikitnya puluhan petugas dilibatkan. Sedangkan untuk wilayah kecamatan langsung dikendalikan oleh kapolsek bersinergi bersama Danramil dan Camat wilayah masing-masing.

“Khusus di wilayah kota, kurang lebih 50 personel dan kita bagi menjadi dua tim agar dapat menjangkau lebih luas," ungkap Kompol Supiyan.

Masih kata Kompol Supiyan, sasaran dari penertiban itu sendiri adalah, warung, kafe, lesehan atau wisata kuliner lainnya, pusat perbelanjaan serta tempat lain yang biasa digunakan warga untuk sekadar nongkrong dan berpotensi terjadi kerumunan.

Kompol Supiyan mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali mengimbau terkait dengan protokol kesehatan ini. Khusus pemilik atau pengelola baik itu warung atau kafe wajib menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Selain itu pengunjung harus menjaga jarak aman termasuk kewajiban menggunakan masker.

“Jika melanggar baik pengunjung maupun pengelola jangan ragu-ragu memberi sanksi tegas," katanya.

Dari penertiban itu sendiri, sedikitnya belasan orang harus menerima sanksi tegas dari petugas. Mulai dari teguran, sanksi sosial hingga sanksi administrasi berupa denda.

Penertiban dan operasi yustisi tersebut merupakan implementasi dari Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta terdapat beberapa regulasi lain yakni Inpres Nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub 53 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020. (Tatang)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tekan Covid-19 Polres Trenggalek Gelar Operasi Yustisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT