Jumat, 28 Januari 2022
Lifestyle

Tempat Wisata di Kabupaten Malang Dibuka, Ini Daftarnya

profile
Avirista

14 September 2021 10:11

219 dilihat
Tempat Wisata di Kabupaten Malang Dibuka, Ini Daftarnya
Lembah Indah Malang di Ngajum bakal beroperasi kembali

MALANG - Tempat wisata di Kabupaten Malang siap membuka uji coba pengoperasian di tengah penurunan PPKM ke level 2. Pembukaan ujicoba operasional ini sudah dicanangkan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Malang untuk uji coba pembukaan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengungkapkan, uji coba operasional tempat wisata bakal dilakukan ke tujuh tempat wisata di Kabupaten Malang. Nantinya di tujuh tempat wisata ini para wisatawan sudah dapat berkunjung dengan beberapa persyaratan.

"Iya, ada rencana untuk melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata," kata Made saat dikonfirmasi, pada Selasa pagi (14/9/2021).

Pihaknya menjelaskan, ketujuh tempat wisata yang bakal dibuka yakni Lembah Indah Malang di Kecamatan Ngajum, Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur, Sanankerto di Kecamatan Turen, dan Wisata Bendungan Selorejo di Kecamatan Ngantang.

Selanjutnya ada Desa Wisata Pujon Kidul, Coban Rondo, dan Wisata Flora Santera yang terletak di Kecamatan Pujon. Nantinya uji coba tersebut, akan menerapkan protokol secara ketat.

"Uji coba tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Ada beberapa persyaratan," ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk para wisatawan yang akan masuk ke kawasan wisata.

Selain itu, destinasi wisata juga harus menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE) pada saat beroperasi. CHSE merupakan protokol standard yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Protokol CHSE merupakan standard wisata yang berbasis kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. Protokol tersebut, harus diterapkan oleh pengelola destinasi wisata yang akan beroperasi pada masa pandemi COVID-19.

"CHSE merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Kemudian juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Rencana uji coba minggu ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, di wilayah Malang Raya Kota Batu, dan Kota Malang, telah melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. Sementara di Kabupaten Malang masih belum melakukan uji coba operasional destinasi wisata, kendati sudah turun ke level 2 PPKM. 

Saat ini wilayah Kabupaten Malang sudah dinyatakan masuk level 2 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pada level 2 PPKM, tempat wisata sudah diperbolehkan untuk beroperasi dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari total kapasitas.

Sedangkan di Kota Batu, ada dua destinasi wisata yang melakukan uji coba operasional yakni Jatim Park 2 atau yang dikenal dengan Batu Secret Zoo, dan Taman Rekreasi Selecta. Sementara di Kota Malang, uji coba akan dilakukan di Wisata Hawai Group.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tempat Wisata di Kabupaten Malang Dibuka, Ini Daftarnya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT