Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

TN Baluran Diserbu Wisatawan, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Masuk

profile
Sarwo

01 Januari 2022 20:15

320 dilihat
TN Baluran Diserbu Wisatawan, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Masuk
Suasana pemeriksaan di Taman Nasional Baluran Situbondo

SITUBONDO - Pengelola wisata Taman Nasional (TN) Baluran memberlakukan pemeriksaan ketat kepada wisatawan. Hal ini untuk penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 selama masa libur tahun baru.

Dari pantauan suarajatimpost. com, di lokasi TN Baluran, para wisatawan mengaku banyak yang belum mengetahui tempat wisata ini dibuka saat libur tahun baru 01 Januari 2022. Pada musim libur tahun sebelumnya bisa mencapai ribuan pengunjung. Namun hingga Sabtu sore (1/1/2022)  sudah ada ratusan wisatawan lokal yang berkunjung.

Kepala Balai TN Baluran Situbondo, Pudjiadi mengatakan, wisatawan diwajibkan membawa dan menunjukan hasil vaksinasi. Selain itu penggunaan aplikasi Peduli Lindungi juga dilakukan di pintu masuk.

“Di pintu masuk sudah ada petugas jaga, dari TN Baluran dibantu TNI, Polri dan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Apabila pengunjung tidak bisa menunjukan bukti telah melakukan vaksin, bisa langsung vaksin disini. Petugas dari puskesmas sudah menyediakan gerai vaksin di pintu masuk," kata Pudjiadi, Sabtu (1/1/2022) sore.

Ia menambahkan, bila pelaksanaan protokol kesehatan dan pemeriksaan ketat ini sebagai bagian menjaga setelah TN Baluran lama tak beroperasi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

"Apabila pengunjung tidak memenuhi persyaratan dan tidak mau melakukan vaksinasi disini yang belum pernah melakukan vaksinasi sebelumnya, kami minta untuk putar balik," tuturnya.

Untuk sementara, lanjut Pudjiadi, pengunjung hanya wisatawan lokal saja, itupun masih dibatasi, dengan penerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

"Selain wajib menunjukkan hasil vaksinasi, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan. Dengan 5M terus dijalankan, dengan disiplin kepada sesama pengunjung dan petugas di lapangan, agar terhindar dari penularan Covid - 19," tukas Pudjiadi.

Tags
Anda Sedang Membaca:

TN Baluran Diserbu Wisatawan, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Masuk

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT