Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

Tim Senat UIN Malang Bakal Beri Catatan ke Calon Rektor yang Lolos Verifikasi

profile
Avirista

11 Maret 2021 09:09

100 dilihat
Tim Senat UIN Malang Bakal Beri Catatan ke Calon Rektor yang Lolos Verifikasi
Ketua Senat UIN Malang Prof. Muhtadi Ridwan

KOTA MALANG – Dokumen bakal calon rektor UIN Malang yang lolos verifikasi nantinya akan diserahkan ke senat. Di senat yang beranggotakan 46 orang ini dokumen visi misi dan lainnya akan dilakukan penilaian secara kualitatif.

Ketua Senat UIN Malang Prof. Muhtadi Ridwan mengatakan, pihaknya menerima seleksi dokumen yang telah lolos verifikasi dari pihak panitia tim penjaringan bakal calon rektor yang diteruskan ke rektor. Dari sanalah ia dan 45 anggotanya akan melakukan penilaian kualitatif.

“Habis dari panitia (Panitia Penjaringan Seleksi Bakal Calon Rektor) setelah selesai memenuhi syarat, yang tercantum di pengumuman itu diserahkan ke rektor, rektor nyerahkan ke senat, dalam waktu 14 hari itu nanti selambatnya 14 hari, saya proses pemberian pertimbangan kualitatif. Senat nanti wewenangnya adalah memberi pertimbangan kualitatif,” papar Muhtadi Ridwan kepada media.

Mengenai penilaian apa secara kualitatif yang akan dilakukan Senat UIN Malang, Prof. Muhtadi menegaskan itu adalah rahasia dari anggota senat sendiri.

“Ya itu rahasia dong. Itu nanti soalnya tertutup. Itu nanti masing-masing anggota dikasih form standar. Kemudian Masing-masing ngisi disegel jadi antar anggota senat nggak tahu,” jelasnya.

Namun dirinya menegaskan, penilaian yang dilakukan anggota senat, bukanlah dengan cara perhitungan suara. “Pertimbangan kualitatif saja, pertimbangan kualitatif. Bukan vote!” tegasnya. 

Sementara itu Ketua Panitia Tim Penjaringan Bakal Calon Rektor Badruddin menyebut, di anggota Senat UIN Malang inilah catatan - catatan dari dokumen yang telah diverifikasi akan diberikan.

"Senat tidak memilih orang, tapi sekedar memberikan pertimbangan catatan. Mereka sendiri yang ngisi calon yang ngisi visi misinya narasinya kalau baik, senat akan memberikan catatan baik. Kami dari panitia penjaringan ya sudah nggak tahu, nggak ikut. Setelah itu dimasukkan ke amplop diberangkatkan ke Jakarta (ke Kemenag)," tandas Badruddin. 

Sebagai informasi proses penjaringan sosialisasi pendaftaran bakal calon rektor UIN Malang periode 2021 – 2026, dimulai pada Rabu 10 Maret - 24 Maret 2021 mendatang. Sementara mulai tanggal 25 - 31 Maret 2021 panitia penjaringan menerima pendaftaran dan penerimaan dokumen fisik.

Selanjutnya pada 1 - 6 April 2021 dilakukan verifikasi persyaratan administrasi, dilanjutkan pada 7 April 2021 penetapan hasil verifikasi dokumen, dan terakhir pada 8 April 2021 penyerahan hasil verifikasi bakal calon rektor ke Rektor. Kemudian dokumen akan diberikan catatan narasi oleh Senat selama 14 hari sebelum akan diteruskan ke tim tujuh Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta. Nantinya dari hasil tim tujuh Kemenag akan dipilih satu nama oleh Menteri Agama sebagai rektor terpilih.

 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tim Senat UIN Malang Bakal Beri Catatan ke Calon Rektor yang Lolos Verifikasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT