Sabtu, 22 Januari 2022
Kesehatan

Dinas PPKB Kabupaten Malang Maksimalkan Peran Penyuluh KB Cegah Stunting

profile
Senopati

24 Desember 2021 18:35

30 dilihat
Dinas PPKB Kabupaten Malang Maksimalkan Peran Penyuluh KB Cegah Stunting
Sekretaris Dinas PPKB Aunur Rofiq

MALANG - Angka stunting terus ditekan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten. Salah satunya dengan memaksimalkan peran penyuluh keluarga berencana (KB) yang bertugas di Kabupaten Malang, untuk menekan angka stunting. 

Sekretaris Dinas PPKB Aunur Rofiq mengatakan, untuk mencegah dan menekan kekurangan gizi ibu dan anak, peran penyuluh KB sangat diperlukan dalam memberikan edukasi dan pemberian makanan dan minuman yang bergizi tinggi.

"Peran penyuluh KB punya andil besar dalam mencegah dan menekan angka stunting di Kabupaten Malang dengan memberikan edukasi macam makanan yang bergizi yang baik untuk ibu dan anak," kata Aunur Rofiq saat dihubungi awak media, Jumat (24/12).

Tugas dan pokok penyuluh KB, yang diamanatkan BPKBN Pusat, pada tahun 2022 yaitu mencegah terjadinya stunting baru di Kabupaten Malang.

"Penyuluh KB yang saat ini laksanakan sosialisasi kepegawaiannya adalah Aparatur Sipil Negara yang di tugaskan di daerah, dan Tupoksinya adalah mencegah terjadinya stunting di daerah. Untuk sasaran stuntingnya, tidak terkosentrasi di zona merah stunting tapi di seluruh wilayah di Kabupaten Malang," terangnya.

Di Kabupaten Malang sendiri menurut data dari Dinas Kesehatan angka persentase masyarakat yang masuk stunting ada di kisaran 10,4 persen.

"Namun untuk di Dinas PPKB ini bagaimana angka 10 persen tersebut tidak menjadi naik, bahkan bagaimana cara bisa turun, itulah peran penyuluh KB," bebernya.

Untuk rawan stunting itu tugas dari Dinkes, dan dari informasi di dapat Badan Perencanaan Daerah Kabuaten Malang sesuai Surat Keputusan Bapeda bahwa di Kabupaten Malang pada tahun 2022 ada 50 desa stunting

"Kami di KB sudah menyiapkan program program KB memberikan edukasi pada masyarakat dalam mencegah terjadinya stunting baru," jelas Aunur Rofiq.

Saat ini pihaknya memberikan edukasi para ibu yang memiliki anak baita memberikan sosialisasi terkait tumbuh kembang anak, pernikahan dini, mencegah kehamilan yang brgitu dekat dengan anak yang baru melahirkan dan bimbingan para calon pengantin baru.

"Jadi dengan model model yang diterapkan dari Dinas PPKB ini, mudah mudahan sedikit banyak dapat menekan dan mengurangi angka stunting di Kabupaten Malang," pungkasnya.(nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinas PPKB Kabupaten Malang Maksimalkan Peran Penyuluh KB Cegah Stunting

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT